SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Sebanyak 69 kades incumbent atau petahana bakal kembali bertarung dalam pemilihan kepala desa (pilkades) tahap II yang rencananya digelar Kamis (21/2/2013) mendatang.

Di samping itu tercatat 20 calon tunggal kades bakal meramaikan pesta demokrasi tingkat desa tersebut. Sebagian calon tunggal kades adalah kades incumbent yang tidak mendapatkan lawan duel.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Data tersebut diperoleh Soloposc.com dari Bagian Pemerintah Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Rabu (16/1/2013). Kabag Pemerintah Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Sunarno, menjelaskan, jumlah total calon kades yang akan bertarung dalam pilkades II tercatat 221 orang.

Jumlah calon kades paling banyak terdapat di Kecamatan Jenawi dengan 26 orang yang tersebar di delapan desa disusul Tasikmadu dengan 21 orang di sembilan desa lalu Matesih dengan 20 orang di delapan desa. Sedangkan calon tunggal kades diketahui terdapat  di Desa Jati (Jaten), Munggu (Mojogedang), Wonolopo, Gaum, Pandeyan (Tasikmadu).

Selain itu Desa Kragan dan Wonorejo (Gondangrejo), Paulan (Colomadu), Wonorejo (Jatiyoso), Jatimulyo dan Jatikuwung (Jatipuro), Ngunut dan Genengan (Jumantono), Plumbon (Tawangmangu), Bangsri (Karangpandan), Segorogunung dan Nglegok (Ngargoyoso), Sumberejo (Kerjo), serta Matesih dan Koripan (Matesih).

“Untuk data nama, detail jenis kelamin, latar belakang pekerjaan dan sebagainya belum masuk,” terang Sunarno.

Dia menjelaskan, pihaknya belum konsentrasi total pada persiapan pilkades II lantaran disibukkan persiapan pelantikan 55 kades terpilih yang akan digelar Selasa (22/1/2013). Rencananya pelantikan akan dilakukan langsung oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR.

“Yang diundang kades terpilih dan kades incumbent yang kalah,” ungkapnya. Lebih lanjut dia menyampaikan, evaluasi pilkades I akan dilakukan Kamis (17/1/2013) ini.

Hasil evaluasi akan dijadikan dasar upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pilkades II. Evaluasi dan penetapan proyeksi pilkades akan dilakukan bersama para camat, kasi pemerintahan dan panitia pilkades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya