SOLOPOS.COM - Panitia Pilkades PAW Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal, Sragen, melakukan perhitungan suara di Balai Desa setempat, Rabu (20/12/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antarwaktu (PAW) di tiga desa di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (20/12/2023), berlangsung lancar dan sukses. Pilkades PAW digelar di Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal; Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh; dan Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe.

Di Pilkades Bandung ada dua calon kades (cakades), yakni seorang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) melawan seorang polisi aktif yang dinas di Polres Sragen. Pilkades Sambirejo diikuti calon tunggal, sementara di Pilkades Krikilan ada tiga cakades yang berkompetisi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pilkades PAW itu digelar karena kades sebelumnya berhalangan tetap. Kades Bandung yang lama meninggal dunia. Kades Sambirejo, Pri Handoko, mundur karena menjadi caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan Kades Krikilan Widodo juga mundur untuk maju jadi caleg Partai Amanat Nasional (PAN).

Pilkades Bandung berjalan cukup ramai karena banyak warga yang menonton dari luar pagar balai desa. Sebanyak 45 pemilih mengunakan hak mereka dan hasilnya Yarmanto yang seorang pensiunan PNS terpilih  menjadi kades dengan raihan 30 suara. Sedangkan calon nomor 2, Joko Purwanto, yang masih polisi aktif mendapat 15 suara.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Joko Suratno, mengatakan kades terpilih akan menjabat sampai Desember 2025. Rencananya, para kades terpilih itu dilantik pada 29 Desember 2023.  “Akan dibarengkan dengan hasil pilkades serentak tahap II di 10 desa,” ujarnya di Balai Desa Gabus, Rabu siang.

Berikut hasil Musdes Pilkades Pergantian Antarwaktu (PAW), 20 Desember 2023.

Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe

Perolehan suara :
1. Narno : 38 suara
2. Suyatno : 11 suara
3. Sri murjinah : 0 suara
Jumlah suara sah : 49 suara
Jumlah pemilih : 49 orang

Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh

Pilkades PAW dilaksanakan secara musyawarah mufakat dengan calon tunggal, H. Mulyo Widodo, dengan jumlah pemilih 55 orang yang hadir 54 orang.

Desa Bandung, Kecamatan Ngrampal

Perolehan suara para calon
1. Yarmanto, SH : 30 suara
2. Joko Purwanto: 15 suara
Jumlah pemilih sah : 45 suara
Jumlah pemilih : 45 suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya