SOLOPOS.COM - Kabagops Polres Wonogiri Kompol Jaka Wibawa (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Pilkades Wonogiri digelar serentak di 15 desa.

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri bersama Satpol PP dan TNI bakal melaksanakan pengamanan terbuka sejak dimulainya kampanye pemilihan kepala desa (pilkades) 24-26 November 2016 hingga pelantikan pada Februari 2017.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seluruh kekuatan di 12 Polsek akan dikerahkan ditambah personel Satuan Sabhara jika diperlukan.

Untuk diketahui, pilkades di Wonogiri akan digelar di 15 desa di 12 kecamatan, 29 November mendatang.

Desa itu meliputi Keloran, Selogiri; Tanjung dan Geneng, Bulukerto; Bakalan, Purwantoro; Tawangrejo, Jatipurno; Wonoharjo dan Ngadiroyo, Nguntoronadi; Tambakmerang, Girimarto; Miri, Kismantoro; dan Jatisrono, Jatisrono.

Lima desa lainnya yakni Glinggang, Pracimantoro; Karangtengah, Karangtengah; Tempur dan Baleharjo, Eromoko; dan Gambiranom, Baturetno.

Kapolres Wonogiri, AKBP Ronald Reflie Rumondor, melalui Kabagops, Kompol Jaka Wibawa, saat ditemui  di kantornya, Senin (14/11/2016), mengatakan pengamanan terbuka atau pengamanan oleh personel berseragam dinas akan dilakukan mulai tahapan kampanye.

“Sebenarnya Pemkab hanya meminta lima personel pengaman di tiap desa. Tapi kami tak mau ambil risiko. Seluruh kekuatan di 12 Polsek akan dikerahkan. Ini untuk memastikan pilkades berjalan lancar dan aman,” kata Jaka.

Dia melanjutkan kekuatan personel akan ditambah apabila ada potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas). Setiap saat ratusan personel Satsabhara siap diterjunkan.

Penambahan kekuatan akan dilaksanakan secara langsung bagi Polsek yang mengaver pengamanan dua lokasi, seperti di Nguntoronadi, Eromoko, dan Bulukerto. Masing-masing kecamatan itu terdapat dua desa yang akan menggelar pilkades.

“Pengamanan juga akan melibatkan Satpol PP dan unsur TNI. Ada kalanya akan digelar pengamanan gabungan. Di samping pengamanan melekat kami juga akan menggelar patroli wilayah,” imbuh Jaka.

Menurut dia dinamika pilkades saat ini belum terasa. Kendati demikian pihaknya selalu waspada sejak dimulainya tahapan awal pembentukan panitia pilkades, Oktober lalu.

Terpisah, Kepala Satpol PP Wonogiri, Waluyo, mengatakan akan menerjunkan lebih dari 60 personel. Sejak sekarang pihaknya memonitor kondisi desa yang menggelar pilkades. Dia meyakini pilkades di Wonogiri akan berjalan lancar dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya