SOLOPOS.COM - Hidangan menu olahan ikan air tawar disajikan para pedagang di Plaza Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Kios kuliner Plaza Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, mulai dibuka pada akhir Januari 2022. Tempat tersebut menjadi lokasi pemindahan bagi para pengusaha warung apung lantaran warung mereka dibongkar menyusul bergulirnya revitalisasi Rawa Jombor.

Kini ada 17 pengusaha yang pindah tempat usaha dari warung apung serta pemancingan di Plaza Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor. Mereka menempati kios yang disediakan pada joglo di kawasan Taman Nyi Ageng Rakit. Lokasinya tak jauh dari Kantor Desa Krakitan, berada di sisi timur waduk yang sudah ada sejak era kolonial Belanda tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Aneka menu disajikan para pelaku usaha di kios kuliner Plaza Nyi Ageng Rakit. Seperti soto, chicken katsu, ayam goreng/bakar, ayam dan ikan filet, serta aneka minuman kekinian. Ada pula jajanan sosis bakar dan lain-lain.

Baca Juga: Jadi Daya Tarik Baru Rawa Jombor, Perahu Wisata Minta 2 Dermaga

Namun, para pelaku usaha itu tetap menawarkan hidangan yang sebelumnya menjadi kuliner khas warung apung. Menu itu yakni olahan ikan air tawar seperti lele, nila, bawal, serta patin dengan cara digoreng atau dibakar.

Menu-menu itu disajikan dalam paketan lengkap dengan nasi, lalap/trancam, serta es teh atau teh panas. Pengunjung bisa memesan makanan pada kios kuliner di masing-masing joglo serta menikmati hidangan mereka dengan memilih tempat duduk yang tertata rapi di joglo.

Salah satu pengunjung, Risdiyani, 34, mengatakan rasa olahan ikan air tawar yang disajikan masih senikmat ketika warung berada di perairan. Dia memilih menu nila bakar yang dia pesan dari salah satu kios bernama Pondok Roso 17.

Baca Juga: Jajan Lur! Kuliner Taman Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor Klaten Sudah Buka

“Rasa masih sama seperti dulu. Sambalnya juga masih konsisten nikmat. Mengobati rasa kangen makan di warung apung meski sekarang di daratan. Kalau tempat menikmati hidangan nyaman. Sepertinya menyenangkan kalau ada tempat lesehan untuk menikmati sajian yang dekat dengan tepi rawa,” kata warga Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten tersebut kepada Solopos.com, Jumat (18/2/2022).

Risdiyani berharap kawasan tersebut semakin tertata dan bisa menikmati hidangan sembari dengan pemadangan Rawa Jombor. Dia berharap ada tempat khusus untuk kawasan permainan dan tak berada di depan joglo.

“Sebaiknya persewaan wahana permainan dipusatkan di satu lokasi dan tidak tepat berada di depan joglo. Dari joglo juga biar bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Jombor,” jelas dia.

Baca Juga: Ini Lokasi Baru Menikmati Kuliner di Rawa Jombor Bayat Klaten

 

Harga Seragam

Sebelumnya, salah satu pedagang plaza kuliner, Muh. Mukid, mengatakan para pedagang mulai membuka usaha mereka di Plaza Nyi Ageng Rakit, Sabtu (22/1/2022). Dia berharap di tempat baru itu usaha mereka kian laris setelah pindah dari warung apung.

Disinggung menu yang disajikan, Mukid mengatakan selain menu olahan ikan air tawar ada sajian menu kekinian di kiosnya. Soal harga makanan yang disajikan di plaza kuliner, Mukid menuturkan sudah ada kesepakatan dari para pedagang menyamakan harga untuk menu yang sama.

“Untuk paket seperti nila goreng Rp20.000, kalau nila bakar tambah Rp3.000. Jadi untuk menu yang sama harganya diseragamkan termasuk es teh serta es jeruk. Kalau menu variasi, persilakan warung yang buat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya