SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pintu air  Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Gajah Mungkur (WGM) mulai dipasangi alat penghitung ketinggian air baru, Sabtu (10/11/2012). Alat tersebut dipasang untuk mengontrol debit pengeluaran air di PLTA WGM menjelang musim hujan.

Petugas  pintu air, Rio, saat ditemui Solopos.com di lokasi, mengatakan pemasangan alat tersebut karena alat yang lama sudah mulai rusak sehingga perlu diganti alat pengontrol  yang baru untuk mengukur  ketinggian air di WGM.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketinggian maksimal,kata dia, pintu air WGM  maksimal 139 dpl. Menurutnya, pemasangan itu guna mengontrol debit air yang keluar sehingga air yang mengalir tersebut sesuai kontrol yang diharapkan.

Dia menjelaskan selama ini ketinggian air belum pernah mencapai ketinggian maksimal, terakhir pada 2007 lalu mencapai 135 dpl, pintu dibuka semuanya dan mengakibatkan sejumlah wilayah di Solo dan sekitarnya diterjang banjir.

Rio menambahkan pintu air ada empat, jika hujan normal biasanya  pintu air hanya dibuka satu. “Pemasangan alat kontrol atau fiskal ini dilakukan karena sudah lebih dari 15 tahun alat yang lama belum diganti, jadi sebelum musim hujan sudah harus selesai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya