SOLOPOS.COM - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar kembali mengirimkan bantuan air bersih ke Dukuh RT 006/ RW 001, Dusun Ngrawan, Krendowahono, Karanganyar Senin (24/5/2021). (Istimewa/ BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR - Pemerintah Desa (Pemdes) Krendowahono, Karanganyar, harus kembali mengajukan bantuan air bersih untuk 40 keluarga atau 150 jiwa di Dukuh Ngrawan, RT 006/ RW 001, Krendowahono, Senin (24/5/2021).

Hal ini lantaran pipa Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) kembali rusak setelah belum lama ini sempat diperbaiki oleh masyarakat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kades Krendowahono, Syarif Hidayat, mengatakan di wilayah tersebut sebelumnya sudah terjadi krisis air akibat pipa Pamsimas yang rusak saat memasuki musim kemarau pertengahan Mei ini. Setelah mendapatkan bantuan air 10.000 liter dari BPBD Karanganyar pada Jumat (14/5/2021), warga berusaha memperbaiki pipa yang rusak.

Baca Juga: Pekan Ini Polisi Panggil 2 Orang Terkait Aksi Solidaritas Palestina di Gladak Solo

Namun, tak lama diperbaiki, pipa Pamsimas kembali rusak pada Kamis (20/5/2021). “Rusaknya Pamsimas ini sudah terjadi berulang kali. Kami harus mencari solusi lain karena kami tidak mau ini [krisis air] terulang lagi,” jelas dia kepada Solopos.com, Senin (24/5/2021).

Syarif mengatakan terdapat opsi yang ditawarkan warga di Dusun Kayen, Krendowahono, untuk mengalirkan air dari Pamsimas di dusun tersebut ke Ngrawan. Namun, menurutnya terdapat kendala pendanaan pengadaan pipa untuk menyalurkan air yang sangat panjang. Pihaknya masih berkomunikasi dengan Pemcam Gondangrejo terkait kemungkinan pengajuan bantuan untuk merealisasikan opsi tersebut.

“Pipanya kan butuh panjang sekitar 1 kilometer. Kontur geografisnya juga naik turun. Kami tadi berkomunikasi dengan Pak Camat, apakah memungkinkan untuk mengajukan bantuan ke Pemkab Karanganyar agar bisa menyelesaikan masalah ini,” ucap Syarif.

Baca Juga: Buntut Kontroversi Halalbihalal PAC PDIP, Plt Camat Sukoharjo Dicopot

Terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karanganyar, Nugroho Budi Santosa, mengatakan pihaknya kembali menyalurkan bantuan air bersih ke Dusun Ngrawan pada Senin (24/5/2021). Menurutnya, penyaluran bantuan kedua ini sebanyak 10.000 liter yang ditempatkan di sejumlah titik penampungan air.

“Kami tadi kembali menyalurkan bantuan air bersih. Karena ada permintaan lagi. Kami tetap pantau untuk kebutuhan air bersih yang ada di sana,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya