SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana (kedua dari kanan) meninjau tempat kejadian kebakaran di Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Rabu (4/10/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pemerintah bakal membantu warga dengan memperbaiki rumah yang rusak akibat peristiwa kebakaran gudang rongsok di Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Selasa (3/10/2023) malam.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana seusai melakukan tinjauan tempat kejadian kebakaran bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Rabu (4/10/2023) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pemerintah akan mengatensi untuk memperbaiki atau merehab rumah-rumah yang kebakar itu. Dan kebakaran masih dalam penyelidikan. Jadi dalam hal ini kami mengatensi terkait kebakaran,” kata dia kepada wartawan.

Menurut dia, laporan yang diterima ada sebanyak tujuh rumah warga yang terbakar. Pemprov Jateng masih mendata lanjutan mengenai dampak kebakaran di Pasar Kliwon.

Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Jateng membantu kebutuhan logistik bagi warga yang terdampak kebakaran. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Jumlah kerugian akibat peristiwa kebakaran masih dalam perhitungan.

Nana memberikan imbauan kepada masyarakat pada musim kemarau ini untuk waspada perubahan iklim dan dampak fenomena el nino. Kekeringan di Jateng berpotensi menimbulkan kejadian kebakaran baik di pemukiman maupun di hutan.

“Masyarakat untuk berhati-hati artinya dalam situasi saat ini apabila kami meninggalkan rumah harus memastikan listriknya betul-betul mati,” jelasnya.

Nana juga mengimbau warga khususnya para perokok untuk berhati-hati membuang puntung rokoknya. Sisa rokok yang dibuang sembarangan bisa menimbulkan kebakaran.

“Sudah banyak korban, banyak rumah yang terbakar, jangan sampai rumah masyarakat lainnya kemudian ikut terbakar,” jelasnya.

Menurut dia, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo mendapatkan bantuan petugas dan armada dari Damkar di Soloraya. Kolaborasi petugas gabungan sudah berjalan baik untuk memadamkan api.

Pantauan Solopos.com pukul 11.00 WIB, petugas melakukan upaya pendinginan di area gudang barang rongsokan yang terbakar di Jl Kyai Mojo.  Tampak sejumlah titik dari material masih mengeluarkan asap putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya