SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Solo, M. Chamim Irfani. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengklaim berhasil mendapatkan dua kursi DPRD Solo dalam Pemilu 2024.

Dua kursi tersebut berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Solo yang meliputi Kecamatan Pasar Kliwon dan Serengan, serta Dapil V Solo meliputi Kecamatan Jebres. Dengan capaian itu PKB Solo berhasil pecah telur.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sejak Pemilu proporsional terbuka pada 2004, PKB baru kali ini berhasil mengirimkan kadernya di DPRD Solo. Keberhasilan meloloskan dua kadernya disampaikan Ketua DPC PKB Solo, Moch Chamim Irfani.

“Alhamdulillah, PKB dua kursi, di Dapil I Solo, dan Dapil V Solo. Dapil I atas nama Siti Mukaromah, Dapil V atas nama Sri Martuti Handayani. Yang Jebres, PKB kursi terakhir,” ujar dia, Senin (19/2/2024) pagi.

Menurut Chamim, PKB berebut dengan PDIP di kursi terakhir Jebres. Namun berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan, dia meyakini kursi ke-12 Jebres menjadi hak PKB atas nama Sri Martuti Handayani.

“Kami kumpulkan secara cepat saksi-saksi kami, Form C hasil Pemilu, dari 458 TPS di Jebres, lalu kami rekap. Jadi untuk persaingan PKB di kursi ke-12, peringkat ke-13 itu PDIP yang kursi ke tujuh,” terang dia.

Chamim mengaku belum memikirkan akan bergabung dengan parpol apa untuk membentuk fraksi di DPRD Solo. Sebab saat ini PKB masih fokus dengan rapat pleno penghitungan suara, termasuk pleno PPK besok.

“Yang pasti kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas nama PKB Solo, kepada masyarakat, khususnya Dapil I dan Dapil V. Kami akan kawal kebijakan-kebijakan Pemkot untuk masyarakat Solo,” urai dia.

Chamim mengakui PKB belum pernah meloloskan kadernya di DPRD Solo, selama era Pemilu proporsional terbuka. “Pada 1999 pernah, tapi itu proporsional tertutup. Proporsional terbuka baru kali ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya