SOLOPOS.COM - Tony Hatmoko. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Karanganyar mengusulkan Tony Hatmoko maju dalam bursa pemilihan bupati (pilbup) pada November 2024 nanti.

Selain kader senior di PKB, ketokohan Tony Hatmoko juga belum ada yang menandingi di internal partai berlambang bola dunia ini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Di internal figur Tony Hatmoko yang menguat [maju pilkada],” kata Ketua DPC PKB Karanganyar Sulaiman Rosyid kepada Solopos.com, Minggu (17/3/2024).

Dikatakannya, usulan nama Tony Hatmoko telah diserahkan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah. Sebagai partai menengah, PKB mempersiapkan diri meramaikan Pilkada Karanganyar.

Paling tidak, PKB mengincar kursi wakil bupati (wabup). Hal ini melihat hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2024 kemarin, PKB dapat mempertahankan perolehan lima kursi wakilnya di DPRD Karanganyar.

Meski tidak mengalami kenaikan dari perolehan kursi, PKB mengalami peningkatan jumlah perolehan jumlah suara partai. Dari sebelumnya 50.300 di Pileg 2019, menjadi 56.000 lebih suara di Pileg 2024.

“Kami sudah berupaya maksimal dalam Pileg kemarin. Namun hasilnya kami memperoleh lima kursi,” kata dia.

Meski demikian, Rosyid mengakui PKB tak mampu mempertahankan kursi di posisi wakil ketua DPRD Karanganyar. PKB harus tersingkir dari Partai Demokrat yang perolehan suaranya lebih banyak, meski sama-sama memperoleh lima kursi.

Selepas Pileg dan Pilpres, PKB memanasi mesin partainya menghadapi Pilkada November nanti. Siapa nanti yang diusung, Rosyid menuturkan masih menunggu instruksi dari DPW dan DPP PKB.

“Yang jelas dari bawah kami mengusulkan nama Tony Hatmoko,” katanya.

Dalam menghadapi Pilkada mendatang, Rosyid menambahkan komunikasi dengan sejumlah partai politik sudah mulai dilakukan. Hanya memang masih terjadi dinamika di tataran elite partai.

Apalagi saat ini masih menunggu hasil penghitungan suara hasil Pemilu di KPU Pusat. Yang terpenting, dia menegaskan bahwa PKB siap ikut mewarnai Pilkada Karanganyar.

Disinggung mengenai sosok di luar internal PKB yang dilirik maju dalam Pilkada Karanganyar, Rosyid mengaku belum muncul. Termasuk saat disinggung mencuatnya nama Paryono, anggota DPR dari PDIP yang santer bakal maju dari PKB, Rosyid mengaku belum mendengarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya