SOLOPOS.COM - PKL dadakan menjamur di ruas jalan depan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar pada Selasa (14/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Satpol PP Karanganyar lama kelamaan dibuat gerah dengan aksi kucing-kucingan para pedagang kaki lima (PKL) dadakan yang mangkal di depan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar.

Saat dipatroli petugas, para PKL menghilang. Namun saat petugas lengah, para PKL kembali berdatangan. PKL ini menggelar dagangan menggunakan sepeda motor.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kasi Trantibum Satpol PP Karanganyar, Aris Indriyanto, mengatakan kawasan depan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar masuk zona steril dari aktivitas PKL. Selain bersih PKL, juga bebas dari parkir.

Namun, belakangan petugas dibuat kelabakan dengan kemunculan PKL dadakan. Mereka menggelar dagangan di saat petugas Satpol PP lengah.

“Tiap kita patroli mereka [pedagang] tidak ada. Saat balik ke kantor eh pedagang jualan. Tiap hari begitu dibuat kucing-kucingan,” kata Aris ketika berbincang dengan Solopos.com pada Kamis (15/6/2022).

Baca Juga: Eks PKL Masjid Agung Madaniyah Karanganyar Kesal Kepada Pemkab

Karena menggunakaan sepeda motor, para PKL ini cukup lincah mengelabui petugas yang hendak menertibkan. Untuk mengantisipasi pedagang dadakan nekat menggelar dagangan, Satpol PP berkoordinasi dengan petugas keamanan dari Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. Petugas akan meminta para pedagang tak berjualan di lokasi tersebut.

“Tapi namanya pedagang ini gampang-gampang susah. Dikandani jawab iya, tapi sesuk dibaleni meneh,” tuturnya.

Ia pun mengakui jika keberadaan PKL dadakan ini menuai protes dari PKL lama. PKL yang dulu menggelar dagangan di depan masjid dan direlokasi ke timur kantor Bupati. Ia berjanji akan menertibkan PKL di depan Masjid Agung Madaniyah.

Eks PKL depan Masjid Agung Madaniyah, Wongso, pasrah dengan maraknya PKL baru di depan Masjid Agung Karanganyar. Ia sudah berulang kali melaporkan itu ke Pemkab Karanganyar, namun bukannya ditertibkan malah keberadaan pedagang baru semakin ramai.

Baca Juga: Siap-Siap! Relokasi PKL Alun-alun Klaten Ditenggat Akhir Pekan Ini

Jumlah PKL dadakan di depan Masjid Agung Madaniyah dari hari ke hari semakin bertambah.

Saiki wes ramai sakpole. Kita sampai bingung apa ya kudu melu dodolan di situ lagi,” kesalnya.

Ia bersama PKL lama menanti keseriusan Pemkab Karanganyar dalam menertibkan pedagang di depan Masjid Agung Madaniyah. Jangan sampai para pedagang lama mengamuk dan kembali menggelar dagangan di depan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya