SOLOPOS.COM - Kader, relawan, dan pendukung pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar, nonton bareng debat capres di Sekretariat DPD PKS Karanganyar pada Selasa (12/12/2023) malam. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Karanganyar semakin yakin Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berlangsung dua putaran.

Mereka juga optimistis pasangan calon presiden (capres) Anies Rosyid Baswedan dan calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan lolos ke putaran kedua. Keyakinan penuh tersebut mencuat setelah debat capres perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat pada Selasa (12/12/2023) malam di Jakarta.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo mengatakan debat capres tersebut dilihat langsung oleh seluruh kader PKS dan para sukarelawan pendukung Anies-Imin (Amin) di Kabupaten Karanganyar. DPD PKS Karanganyar menggelar nonton bersama (nonbar) debat capres tersebut di kantor Sekretariat DPD PKS.

Nonbar debat capres selain dihadiri kader dan sukarelawan pendukung Amin, juga masyarakat setempat. “Malam ini kami melihat bersama bagaimana kualitas dan kuantitas dari masing-masing capres. Dari debat capres ini kami semakin yakin pilpres berlangsung dua putaran. Insyaallah pasangan Anies-Cak Imin lolos di putaran kedua,” kata Anwar dijumpai selepas nonbar pada Selasa malam.

Anwar menilai debat menjadi cara efektif bagi pemilih mengonfirmasikan langsung pandangan, pemikiran, serta sikap dari para kandidat terhadap permasalahan bangsa. Kemudian debat juga melihat bagaimana para capres ini akan memimpin bangsa Indonesia ke depan.

Anwar mengakui semua capres berkualitas, namun tetap ada yang paling berkualitas dan nanti akan menjadi rujukan pemilih dalam menjatuhkan pilihannya.

Anwar mengatakan berdasarkan survei Litbang Kompas, Senin (11/12/2023), elektabilitas paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan teratas mengungguli pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan suara 39,3 persen, Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan suara 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud dengan suara 15,3 persen.

Namun demikian dalam survei Litbang Kompas, Anwar mengatakan juga melaporkan adanya pemilih bimbang (undecided voters). Jumlah pemilih yang masih ragu-ragu untuk menetapkan pilihannya kepada pasangan capres/cawapres itu berada di angka 28,7 persen.

Anwar yakin pasangan Anies-Amin mampu menarik suara mereka yang termasuk ke dalam kelompok undecided voters itu. “Jadi kami semakin yakin dua putaran. Suara pemilih bimbang ini akan menjatuhkan pilihannya ke pasangan Anies-Imin,” katanya.

Lebih lanjut Anwar mengatakan mesin partai akan terus bergerak untuk memenangkan pasangan Anies- Cak Imin di Karanganyar. Seluruh calon anggota legislatif (caleg) dan relawan pendukung Anies-Cak Imin turun langsung ke masyarakat untuk mengampanyekan paslon tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya