SOLOPOS.COM - PAN, PKS dan PKB deklarasi Koalisi Kebersamaan untuk Pilkada Karanganyar 2024 di Green Resto setempat pada Selasa (18/6/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR– Konstelasi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar yang akan digelar pada 27 November mendatang, mulai memanas.

Tiga partai masing-masing PKS, PKB, dan PAN membentuk Koalisi Kebersamaan. Partai poros tengah Koalisi Kebersamaan ini akan mengusung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di Pilkada Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Deklarasi Koalisi Kebersamaan dilakukan di Aula Green Resto Karanganyar pada Selasa (18/6/2024) siang. Deklarasi tersebut meneken kesepakatan bersama tiga partai dalam membentuk Koalisi Kebersamaan.

Ada tujuh poin kesepakatan dalam deklarasi Koalisi Kebersamaan. Di antaranya berkomitmen untuk meramaikan dan mengambil peran aktif dalam konstelasi Pilkada Kabupaten Karanganyar, membangun kerja sama bersinergi dan berkolaborasi dalam sebuah Koalisi Kebersaman menghadapi kontestasi Pilkada serta pengokohan legislatif periode 2024-2029, bersama-sama menentukan cabup dan cawabup yang akan diusung, mengerahkan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk memenangkan calon bupati dan calon wakil Bupati yang diusung oleh Koalisi Kebersamaan.

Kemudian berkomitmen merangkul dan menyatukan potensi kekuatan partai politik, organisasi masyarakat dan elemen masyarakat baik dari latar belakang nasionalis, religius dan pluralis, dibingkai dengan semangat saling menghargai dan mengedepankan musyawarah bersama dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan koalisi.

Poin lainnya menindaklanjuti kerjasama dalam bentuk kontrak politik yang dilandasi visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan, untuk Karanganyar yang adil, makmur dan sejahtera, serta berkomitmen bersama untuk membuka kerjasama dan melebarkan koalisi dengan semua tokoh dan partai politik yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Deklarasi tersebut dihadiri ketua didampingi jajaran pengurus struktural partai. Juru bicara Koalisi Kebersamaan, Darwanto mengatakan pertemuan ini akan menjadi sejarah Kabupaten Karanganyar tiga partai politik, PKS, PKB dan PAN berkumpul membentuk Koalisi Kebersamaan. Tiga partai sepakat untuk berperan aktif dalam Pilkada 2024.

“Hari ini kami membuktikan ke publik, bahwa Koalisi Kebersamaan yang dibangun atas dasar kebersamaan. Tidak dibangun atas iming-iming mahar politik. Kami saling menghargai dan tidak memandang besar kecil kursi,” kata Darwanto.

Darwanto mengatakan Koalisi Kebersamaan dibangun karena kesamaan visi baik nuansa hati dan latar belakang untuk pembangunan menuju Karanganyar yang lebih baik.

Saat ini PAN dengan dua kursi, PKS dan PKB masing-masing lima kursi, telah memenuhi syarat untuk mengusung cabup dan cawabup. Koalisi Kebersamaan ini sekaligus menjawab pertanyaan publik tentang partai poros tengah.

Koalisi ini sekaligus mengingatkan Pilkada 2018 dimana PKS dan PKB pernah berkoalisi saat mengusung pasangan Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih (Roda).

Dalam Pilkada itu, Roda bahkan hanya terpaut tipis dengan calon pesaingnya Juliyatmono dan Rober Christanto (Yuro). “Kami punya kesamaan nuansa hati dan latar belakang. Dan ini hasil komunikasi yang sudah dilakukan lama, bukan satu dua kali,” kata dia.

Selepas meneken kerja sama, Darwanto mengatakan tahapan selanjutnya Koalisi Kebersamaan akan melakukan komunikasi untuk finalisasi calon yang akan diusung.

Partai Koalisi Kebersamaan ini membuka dan mengundang para tokoh baik personal maupun partai politik untuk bergabung di Koalisi Kebersamaan. Partai Koalisi Kebersamaan berkomitmen mengedepankan kebersamaan untuk proses Pilkada. Koalisi Kebersamaan juga dibentuk untuk memberikan calon alternatif dalam Pilkada Karanganyar.

Ketua DPC PKB Karanganyar Sulaiman Rosyid mengatakan komunikasi dengan PKS telah dilakukan sejak awal Puasa lalu. Kemudian terus berlanjut hingga menemukan kesepahaman bersama dalam Koalisi Kebersamaan dengan PAN.

PKB siap berkomunikasi lebih lanjut untuk mengusung calon di Pilkada. Apalagi PKB telah membuka penjaringan cabup dan cawabup. Calon-calon inilah yang akan dikomunikasikan bersama dalam Koalisi Kebersamaan.

Terkait PKB meneken kerja sama dengan PDIP dalam Pilkada Karanganyar, Sulaiman Rosyid mengatakan dalam perjanjian itu belum mengerucut siapa calon yang akan diusung siapa.

Ketua DPD PAN Karanganyar, Sri Sumarti, mengatakan koalisi terbentuk bukan serba mendadak. Namun sudah menjalin komunikasi bersama dengan visi yang sama. PAN berkomitmen bersama Koalisi Kebersamaan siap memenangkan Pilkada Karanganyar 2024.

Ketua DPD PKS Karanganyar, Anwar Susilo, mengatakan tiga partai dalam Koalisi Kebersamaan menginginkan untuk mengusung cabup dan cawabup dari partai poros tengah.

Kerja sama ini dibangun atas kesamaan cara pandang, visi untuk kemajuan Karanganyar. Saat ini, PKS telah menetapkan tiga kandidat internal yang akan ditawarkan dalam Koalisi Kebersamanaan. Selain itu juga ada 10 nama tokoh luar PKS yang siap ditawarkan.

“Kami mengedepankan musyawarah dan mufakat. Jadi kami akan duduk bersama termasuk menyangkut keputusan keluar cabup dan cawabup,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya