SOLOPOS.COM - Pengendara melintasi depan Plasa Klaten, Jl. Pemuda, Klaten Tengah, Selasa (2/1/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATENPemkab Klaten memastikan sudah ada investor yang tertarik mengembangkan Plasa Klaten. Mimpi ada bioskop lagi di pusat kota Klaten segera menjadi kenyataan.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan proses mengembangkan Plasa Klaten itu cukup panjang. Sejak Plasa Klaten sepenuhnya menjadi aset Pemkab tiga tahun terakhir, sudah ada investor yang berencana mengembangkan Plasa Klaten yang berada di simpang lima Jl. Pemuda tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

”Prosesnya cukup panjang. Pandemi memang benar-benar melemahkan ekonomi. Dulu sebenarnya sudah pernah ada pihak ketiga yang mau mengajak kerja sama. Karena ada pandemi akhirnya batal, batal lagi, batal lagi, sampai tiga kali. Alhamdulillah saat ini sudah deal. Sudah ada MoU dengan pihak ketiga terkait kelanjutan Plasa Klaten,” kata Mulyani saat ditemui wartawan seusai peresmian Puskesmas Cawas 2, Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kamis (12/1/2023).

Mulyani mengatakan ada investor dari Jakarta yang sudah menjalin kerja sama dengan Pemkab guna pengembangan Plasa Klaten. Nilai investasi pengembangan Plasa Klaten mencapai hampir Rp70 miliar. Tahun ini, investor melakukan revitalisasi di Plasa Klaten.

“Jumlah lantainya tetap. Gedung utamanya tidak dirobohkan. Hanya ditambahi sarana dan prasarana pelengkap. Akhir tahun sudah dibuka,” jelas Mulyani.

Plasa Klaten bakal dikembangkan menjadi mal dengan fasilitas lebih lengkap. Rencananya, Plasa Klaten dilengkapi dengan fasilitas bioskop, kafe, karaoke keluarga, dan fasilitas lainnya. Namanya juga bakal diganti menjadi Klaten Town Square.

Sebelumnya, Plasa Klaten dikembangkan oleh pihak ketiga selama hampir 25 tahun sejak 1993. Setelah masa berlaku Hak Guna Bangunan (HGB) berakhir pada 2018, Plasa Klaten sepenuhnya menjadi aset Pemkab Klaten.

Begitu menjadi aset Pemkab, Mulyani mewacanakan Plasa Klaten menjadi mal dilengkapi dengan bioskop. Lantaran tingginya biaya pengembangan itu, Pemkab menawarkan pengembangan Plasa Klaten kepada investor.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, membenarkan ada investor yang sudah menjalin kerja sama dengan Pemkab untuk mengembangkan Plasa Klaten.

“Mulai hari ini, [pengelolaan Plasa Klaten] menjadi kewenangan investor yang akan membangun untuk menjadi mal. Insyaallah tahun ini selesai,” kata Anang.

Anang menjelaskan pembangunan hanya dilakukan dengan pembenahan dan memperbarui penampilan bangunan.

“Tidak dipugar. Karena menurut kami dari appraisal [bangunan] untuk 20 tahun lagi masih kuat. Yang direnovasi nanti tampilan depannya, diubah biar menjadi lebih menarik. Kemudian bagian dalam juga diubah. Lantai I, II, III, dan IV, jadi semua lantai dimanfaatkan secara keseluruhan,” kata dia.

Anang juga membenarkan ada rencana investor menambah fasilitas bioskop. Soal fasilitas lainnya, Anang menjelaskan investor bakal merilis desain rencana pengembangan Plasa Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya