SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Persediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Boyolali selama bulan Puasa minim, bahkan untuk persediaan golongan darah A kosong. Padahal permintaan darah masih tinggi pada kisaran 600 kantong per bulan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bendahara UDD PMI Cabang Boyolali, Eko Putra saat ditemui Solopos.com di kantornya,awal pekan kemarin mengatakan selama bulan Puasa  jumlah pendonor darah menurun drastis. Persediaan darah untuk golongan darah O hanya 23 kantong,  golongan darah A kosong,  golongan darah AB 20, dan golongan darah B 50.

“Padahal persediaan aman minimal 50 kantong, untuk golongan darah B dan AB aman, tetapi untuk golongan darah A dan O  kebutuhan banyak sehingga cepat keluar,” terang dia.

Untuk mencukupi ketersediaan darah, PMI Boyolali menggalang donor darah kepada jemaah gereja Kristen dan Katolik yang ada di Boyolali. “Untuk  Juni kemarin permintaan darah mencapai 975 kantong, sementara selama Puasa ini  permintaan sudah mencapai 623 kantong,” terang dia.

Persediaan darah minim membuat beberapa  permintaan darah harus dialihkan ke UDD PMI Solo yang memiliki persediaan memadai.  “Kami berharap masyarakat dapat tergerak untuk megalakan kegiatan sumbang darah, karena darah sangat dibutuhkan,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya