SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI-Sejumlah pihak di antaranya Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) mulai melakukan persiapan menjelang Lebaran.

PMI menyiapkan 30 orang relawan yang akan ditempatkan di tiga posko Lebaran. Sedangkan DKK menyiapkan 40 posko kesehatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami akan menempatkan relawan di tiga posko utama yakni di depan Pasar Wonogiri Kota, Terminal dan objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM). Para relawan itu akan bergabung dengan petugas dari Polres, DKK dan instansi lain dalam posko Lebaran,” kata Sekretaris PMI Wonogiri, Annajib Thohari, Jumat (10/8/2012).

Ia sengaja menempatkan relawan di tiga posko itu karena diprediksi banyak dipadati pemudik. Sedangkan mobil ambulans akan ditempatkan di salah satu posko dengan koordinasi dari Polres.  Di sisi lain, DKK akan membuka 40 pos kesehatan untuk antisipasi Lebaran. Jumlah itu terdiri dari pos mandiri dan terpadu bersama sejumlah instansi lainnya. “Pos kesehatan itu tersebar di semua kecamatan. Seperti di terminal, pinggir jalan dan tempat-tempat wisata,” kata Kepala DKK, Widodo.

Ia menambahkan, pos kesehatan itu dijaga oleh tenaga medis dari puskesmas, poliklinik desa dan rumah sakit. Ada juga rumah sakit swasta yang menawarkan diri untuk melayani kesehatan selama arus mudik dan balik. “Dalam satu posko, minimal ada tiga petugas medis yang terdiri dari dua orang perawat dan satu orang sopir. Sedangkan tenaga dokter akan dilakukan mobiling karena jumlahnya terbatas,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya