SOLOPOS.COM - Dua dokter hewan melakukan swab oropharyngeal dan swab nasal pada sapi milik warga di wilayah Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Sragen, Kamis (19/5/2022). (Istimewa/Disnakan Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Kabupaten Sragen terus meroket. Pada Kamis (2/5/2022) jumlahnya sudah tembus 174 kasus dari 95 kasus sehari sebelumnya.

Sebanyak 15 dari 20 kecamatan di Sragen kini ditetapkan sebagai zona merah wabah PMK. Lima kecamatan yang masih zona hijau PMK terdiri atas Sragen Kota, Gondang, Sambirejo, Gesi, dan Tangen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dari 15 kecamatan zona merah itu, kasus terbanyak ada di Sidoharjo. Sebelumnya kasus PMK di Sidoharjo baru 11 ekor, meningkat menjadi 23 kasus pada Kamis.

Semula sebaran kasus PMK hanya di 11 kecamatan, tetapi dalam sehari menyebar ke empat kecamatan, yakni Sambungmacan, Sukodono, Mondokan, dan Masaran.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen, Rina Wijaya, menerangkan 174 kasus PMK tersebut terdiri atas 136 kasus aktif, 79 kasus baru, 19 ekor diselembelih, lima ekor mati dan dikubur, serta 14 ekor sembuh. Rina menyampaikan para peternak tidak perlu resah karena PMK itu bisa disembuhkan.

Baca Juga: 95 Sapi di Sragen Terjangkit PMK Lur, TNI-Polri Turun Tangan

“Kami terus melakukan penelusuran kasus PMK dan melakukan supervisi secara lebih efektif untuk menekan angka kasus PMK. Sapi-sapi yang positif diisolasi untuk diobati dan diberi makan yang cukup. Selain itu kandang ternak juga dijaga kebersihannya,” ujarnya.

Rina berencana melakukan gerakan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang sapi dan kambing di zona merah PMK. Penyemprotan serentak itu akan dilakukan Jumat pekan depan. “Penyemprotan itu melibatkan para OPD. Kegiatan itu bagian dari pembinaan wilayah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya