SOLOPOS.COM - Ekskavator mini mengangkat batang pohon ke towing car untuk dipindahkan dari eks hutan kota Kabupaten Karanganyar ke kawasan selatan RSUD Karanganyar, Selasa (3/1/2023). Pemindahan pohon dilakukan karena di lahan eks hutan kota akan dibangung gedung baru Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pohon-pohon di eks hutan kota Kabupaten Karanganyar mulai diboyong ke lokasi baru di pinggiran sungai di selatan RSUD Karanganyar.

Pemindahan tersebut berkaitan dengan pembangunan gedung baru Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karanganyar di lokasi tersebut yang masuk area kompleks perkantoran di Cangakan, Kecamatan Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pantauan Solopos.com, Selasa (3/1/2023), sejumlah pohon berdiameter sekitar 20-30 cm dicabut menggunakan ekskavator. Selanjutnya pohon dipangkas dahan-dahannya untuk memudahkan dalam pengangkutan. Pohon-pohon tersebut diangkut mengunakan towing car alias mobil derek menuju tempat relokasi .

“Untuk memindahkan pohon-pohon ini kami menggunakan dua unit ekskavator mini. Satu untuk mengangkat dari sini dan satunya untuk menurunkan di sana. Towing car untuk mengangkut juga dua unit agar relokasi bisa lebih cepat,” ujar Arif Kurniawan dari CV Rejo Pawiro, pelaksana proyek pembangunan gedung tersebut.

Ia mengaku tak tahu apa jenis dan berapa jumlah pohon yang dipindahkan. Arif memastikan tak semua pohon di hutan kota dipindahkan, hanya yang terkena proyek. “Setahu saya pohon yang banyak di sini jenis mahoni,” imbuhnya.

Ada satu pohon besar yang terdampak proyek, namun belum ada kepastian akan dipindah atau ditebang. “Itu nanti  dibicarakan selanjutnya,” kata Arif.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Karanganyar menggunakan lahan hutan kota sebagai lokasi gedung baru Dispertan PP. Lokasinya di selatan Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Cangakan, Kecamatan Karanganyar.

Pembangunan gedung baru di hutan kota tentu berdampak pada keberadaan pohon-pohon di sana. Tak mau ditebang begitu saja, Bupati Juliyatmono memutuskan untuk memindahkan pohon-pohon itu ke bantaran sungai di selatan RSUD Karanganyar.

“Lahan ini dulu adalah hutan kota. Artinya banyak tanaman di sini. Nah, akan kami minta tanaman ini diangkat dan dipindah ke bantaran sungai di sebelah selatan RSUD Karanganyar. Selain agar lestari, juga biar tanaman itu bisa menahan erosi di pinggiran sungai itu,” ujarnya dalam peletakan batu pertama kantor baru Dispertan PP di lokasi, Senin (2/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya