SOLOPOS.COM - Pohon tumbang trjadi di wilayah Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar setelah hujan dan angin kencang menerjang pada Kamis (4/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wilayah Kabupaten Karanganyar kembali diterjang hujan disertai angin kencang pada Kamis (4/1/2024) siang. Sejumlah pohon dilaporkan tumbang, bahkan sebagian menimpa bangunan rumah hingga makam.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, hujan disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.15 WIB. Kondisi ini mengakibatkan pohon besar tumbang seperti di wilayah Ngasinan, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan dari laporan sementara diterimanya pohon tumbang di Ngasinan mengenai rumah selepan. Kemudian pohon tumbang juga mengenai makam setempat.

Selain itu juga dilaporkan terjadi pohon tumbang di jalan raya Pulosari, Kebakkramat, lalu di selatan SMP Negeri 2 Pulosari dan Malangsari, Malanggaten.

pohon tumbang karanganyar
Pohon tumbang trjadi di wilayah Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar setelah hujan dan angin kencang menerjang pada Kamis (4/1/2024). (Istimewa)

Hingga kini tim BPBD bersama sukarelawan dan jajaran polsek dan koramil setempat tengah fokus untuk mengevakuasi pohon tumbang. “Kita fokuskan dulu evakuasi pohon tumbang yang melintang di jalan supaya bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Hendro mengatakan hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Karanganyar hingga akhir bulan ini. Hal tersebut sesuai dengan prakiraan cuaca yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hendro mengingatkan warga terutama pengguna jalan untuk mewaspadai potensi pohon tumbang. Saat hujan, warga diminta berteduh ditempat aman.

“Jangan berteduh di bawah pohon besar karena rawan tumbang,” katanya mengingatkan.

Bencana pohon tumbang juga terjadi pada Rabu (3/1/2024). Menurut data BPBD, ada 30 titik pohon tumbang yang menutup jalan. Pohon tumbang ini tersebar di wilayah Karanganyar. Selain itu ada 10 rumah rusak, dan dua mobil rusak tertimpa pohon tumbang.

Warga terdampak bencana angin tersebut mendapat bantuan logistik dari BPBD. Selain itu pula lokasi pohon tumbang telah dibersihkan.

Ihwal bantuan ganti rugi kepada pemilik rumah dan mobil yang rusak akibat pohon tumbang, Hendro mengatakan sejauh ini belum ada. “Perbaikan masih dibebankan ke pemilik masing-masing. Dari kami hanya sebatas memberi bantuan logistik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya