SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok.Solopos)

Ilustrasi (Dok.Solopos)

Karanganyar (Espos)-Puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Wana Tirta Dusun Babar, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Karanganyarnmemanen bawang putih, Kamis (29/9/2011).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bawang putih yang ditanam warga itu awalnya merupakan bantuan pengembangan sayuran dari pemerintah pusat senilai Rp 40 juta dan dana swadaya Rp 10 juta.Ketua Poktan Wana Tirta, Sumadi mengatakan, hanya dalam jangka waktu 110 hari, para petani berhasil mengolah lahan seluas satu hektar dengan hasil produksi sebanyak 6,016 ton. Dengan asumsi harga jual bawang putih seakrang senilai Rp 12.500/kilogram, maka total hasilnya diperkirakan mencapai Rp 75 juta lebih. “Dari total itu, maka keuntungan yang berhasil diperoleh petani mencapai Rp 25 juta lebih dalam 3,5 bulan,” ujar Sumadi saat ditemui wartawan saat panen raya bawang, Kamis (29/9/2011).

Meskipun saat ini harga bawang putih di pasaran fluktuatif, hal itu dinilainya menjadi satu hal yang biasa. Pihaknya optimistis bisa mempertahankan kondisi tersebut hingga masa-masa panen selanjutnya. Sebetulnya, ungkap Sumadi, masyarakat di Dusun Babar banyak yang menanam bawang. Namun karena harga bawang yang anjlok, maka para petani itu lebih banyak memilih jenis sayur lain seperti kentang, wortel, kobis dan sayuran lainnya. “Tapi akhir-akhir ini banyak petani yang minat kembali untuk menanam bawang,” katanya.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya