SOLOPOS.COM - ilustrasi pencurian HP

Solopos.com, SOLO–Seorang residivis kasus pencurian dan perjudian yang sudah tiga kali mendekam di penjara ditangkap polisi di Alun-alun selatan.

Pelaku berinisial SM, warga Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten mencuri 4 handphone (HP) milik penonton konser musik peringatan 1 Abad Persis Solo, Sabtu (11/11/2023) malam.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (14/11/2023), aksi copet HP yang memanfaatkan keramaian penonton terjadi saat konser musik peringatan 1 Abad Persis Solo.

Pelaku beraksi sendirian dan membaur dengan penonton yang asyik berjoget. Saat berdesak-desakan, pelaku langsung mencuri HP yang dibawa penonton.

Tak tanggung-tanggung, pelaku berhasil menggasak empat HP di tengah kerumunan penonton konser musik. Aksi pelaku kepergok penonton di lokasi konser musik. Pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Pasar Kliwon.

“Pelaku memanfaatkan keramaian penonton konser musik. Saat penonton berjoget dan berdesak-desakan, pelaku memepet korban dan mencuri HP di saku celana atau tas selempang,” kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi di Mapolresta Solo.

Pelaku nekat mencuri HP penonton saat konser musik lantaran membutuhkan uang dalam jumlah besar. Rencananya, barang hasil curian itu dijual. Hasil penjualan barang hasil curian digunakan untuk menebus sepeda motor yang digadaikan.

Menurut Kapolresta Solo, pelaku sudah tiga kali mendekam di balik jeruji besi. Dia terlibat kasus pencurian dan perjudian di Jogja pada 2007 dan 2012.

“Pelaku juga terlibat kasus pencurian di Banyumas pada 2017. Jadi pelaku merupakan residivis yang sering keluar-masuk penjara,” ujar dia.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa empat HP beragam merek, topi dan jaket hitam. Pelaku dijerat Pasal 362 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun.

Mantan Dirlantas Polda DIY itu mengimbau agar masyarakat tidak membawa barang yang mencolok saat menonton konser musik atau event yang menyedot massa.

Hal ini berpotensi menjadi incaran pelaku kejahatan yang memanfaatkan keramaian penonton yang berdesak-desakan.

“Masyarakat harus lebih berhati-hati saat menonton konser musik. Jangan memakai barang-barang yang mencolok seperti perhiasan emas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya