SOLOPOS.COM - Anggota Polsek Jumantono menghampiri ABG yang asyik menongkrong di tepi jalan dekat area persawahan di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar pada Rabu (6/4/2022) diduga hendak balap liar. (Istimewa/Dokumentasi Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Anggota Polsek Jumantono menggagalkan aksi balapan liar di wilayah Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Rabu (6/4/2022).

Pelaku aksi balapan liar di Jumantono itu didominasi anak baru gede (ABG). Aksi balap liar itu kerap meresahkan warga setempat. Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko, mengatakan aksi balapan liar diduga kerap dilakukan para ABG di jalan desa, tepatnya dekat area persawahan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga : 66 Motor Terjaring Razia di Jembatan Jokowi Karanganyar, Mau Balapan?

Mereka diduga memanfaatkan jalan yang mulus setelah dilakukan pengaspalan sebagai lokasi balap liar. “Kami mendapati laporan dari masyarakat yang resah akan giat balap liar. Setelah itu kami datangi lokasi,” kata dia, Kamis (7/4/2022).

Saat didatangi, lanjut Agung, polisi menemukan gerombolan remaja tengah menongkrong di lokasi. Mereka menongkrong dengan mengendarai sepeda motor. Lantaran diduga hendak melakukan aksi balap liar, polisi langsung membubarkan gerombolan remaja tersebut.

Baca Juga : Viral Warga Karanganyar Bubarkan Balap Liar: Saya Sebal, Mereka Mengganggu Lalu Lintas!

Petugas memberikan sosialisasi kepada para ABG tersebut untuk tidak menggelar aksi balap liar. Polisi menyampaikan akan menangkap remaja ABG itu jika nekat melaksanakan aksi balap liar.

“Kami datangi dan memberikan sosialisasi. Imbauan tentang ketertiban di jalan. Situasi yang kami temukan aman dan kondusif tidak ada balap liar,” katanya.

Baca Juga : 5 Lokasi Ini Dipantau Ketat, Balap Liar di Karanganyar Ganti Jadwal

Pihaknya mengajak masyarakat ikut menjaga kondusivitas wilayah selama bulan suci Ramadan. Selain menertibkan balap liar, polisi juga gencar melaksanakan operasi penyakit masyarakat (pekat) untuk memberi rasa aman kepada warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya