SOLOPOS.COM - Mobil Water Canon Polresta Solo ikut membantu pemadaman api di TPA Putri Cempo Mojosongo, Solo, Sabtu (16/9/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Polresta Solo ikut terjun ke lokasi TPA Putri Cempo Mojosongo Solo untuk membantu pemadaman api yang berkobar sejak Sabtu (16/9/2023) siang.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mendatangi lokasi kebakaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Putri Cempo Mojosongo Jebres pada Sabtu (16/9/2023) malam. Wakil Wali kota Solo, Teguh Prakosa dan Wakapolresta Solo AKBP Catur Cahyono Wibowo, juga mendatangi lokasi kebakaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com dari Polresta Solo, Minggu (17/9/2023), luas gunungan sampah yang terbakar mencapai dua hektare.

“Yang mana kebakaran tersebut diperkirakan terjadi mulai hari Sabtu sekira pukul 13.00 Wib, dengan luas yang terbakar sekitar dua hektare,” terang Iwan Saktiadi.

Sedangkan untuk kronologi terjadinya kebakaran pukul 13.00 WIB saksi yang merupakan Satpam TPA Putri Cempo, sedang bekerja. Dia melihat kepulan asap di area Blok B dan terlihat kobaran api.

Mengetahui kejadian tersebut, kemudian saksi melapor kepada petugas TPA Putri Cempo dan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Solo.

“Adapun kronologi kejadiannya adalah hari Sabtu sekitar pukul 13.00 WIB pada saat saksi [Satpam TPA Putri Cempo] sedang bekerja melihat kepulan asap di TPA aktif Blok B dan terlihat kobaran api. Mengetahui kejadian tersebut kemudian melapor petugas TPA dan pemadam kebakaran serta pihak kepolisian,” urai dia.

Iwan mengatakan berdasarkan penjelasan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo dan Kabid Damkar Solo, penanganan kebakaran diperkirakan butuh waktu lebih dari sepekan, bila hujan belum juga turun.

“Menurut informasi dari DLH dan Kabid Damkar untuk penanganan diperkirakan sampai satu pekan belum padam jika tidak ada hujan,” kata dia.

Iwan menjelaskan selain puluhan unit Pemadam Kebakaran, Polri membantu memadamkan api dengan menurunkan tujuh unit Water Canon dari Brimob Polda Jateng, Polresta Surakarta, Polres Karanganyar dan Polres Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya