SOLOPOS.COM - Anggota Polres Karanganyar membelanjakan uang donasi untuk membeli mainan yang akan dikirimkan kepada anak-anak korban erupsi Semeru di Lumajang. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Polres Karanganyar berkolaborasi dengan Relawan Anti Hoax Karanganyar melakukan penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru, Jumat (10/12/2021). Bantuan akan difokuskan pada upaya untuk mengatasi trauma pada anak-anak yang jadi korban erupsi gunung tertinggi di Jawa tersebut.

“Kali ini kami fokus pada trauma healing pada anak-anak. Karena donasi berupa makana dan alat kesehatan sudah cukup banyak. sementara alat-alat untuk meredakan trauma healing anak belum banyak,” kata polwan Polres Karanganyar, Briptu Sufiana Mayasari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia menilai pemulihan psikis anak korban bencana alam erusi Semeru menjadi sesuatu yang sangat penting. Jika tidak diatasi akan terus membekas hingga dewasa.

Baca Juga: Mitsubishi Pajero Dihantam Truk di Jaten Karanganyar Hingga Terpental

“Berbeda dengan orang dewasa apabila mengalami trauma mereka bisa bercerita, bisa mengungkapkan apa yang dirasakan. Tetapi kalau anak-anak mengalami trauma, mereka akan sulit bercerita dan susah untuk mengutarakan apa yang ia rasakan,” katanya Sufiana.

Donasi yang mereka kumpulkan kemudian dibelikan mainan anak-anak. Diharapkan dengan bantuan berupa mainan ini, anak-anak dapat kembali ceria dan bermain.

“Dengan metode trauma healing yang tepat, trauma yang anak-anak alami bisa segera hilang. Salah satunya dengan memberikan mainan untuk mereka, sehingga mereka bisa terhibur, menagajak bernyanyi, bermain. Karena keterbatasan akomodasi jadi kita berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan trauma healing dengan sarana prasarana memberikan mainan,” jelasnya.

Baca Juga: Camat Jumapolo Berikan Klarifikasi Kasus PNS Ngamar di Banjarnegara

Selain mainan, bantuan yang diberikan di antaranya berupa buku mewarnai, buku bercerita, buku doa anak, seperangkat alat gambar, replika mobil polisi, boneka, selimut bayi,dan lain-lain. Jika barang-barang tersebut dikumpulkan ada sekitar lima kardus.

Penyaluran bantuan dan penggalangan donasi kali ini, akan disalurkan oleh rekan-rekan dari Relawan Anti Hoax Karanganyar (RAHKA). Penggalangan donasi dilakukan hingga Sabtu (11/12/2021) ini dan akan disalurkan pada Minggu (12/12/2021).

“Kita berharap bantuan yang sedikit dari kita ini dapat meredakan trauma psikis bagi anak-anak dan dapat berguna untuk rekan-rekan dan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya