SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Jajaran Satlantas Polres Karanganyar gencar melakukan operasi Citra Polantas mulai tanggal 13 April-3 Mei 2012 mendatang. Operasi ini dilakukan untuk menekan pelanggaran dalam berlalulintas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kasatlantas AKP A Aidil Fitri Syah mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Nazirwan Adji Wibowo ketika menghubungi Solopos.com, akhir pekan kemarin mengatakan sasaran operasi Citra Polantas di antaranya pelanggaran marka jalan, rambu lalu lintas, kendaraan kelebihan muatan serta kelengkapan kendaraan bermotor.

Menurutnya, operasi ini dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan mengurangi tingkat pelanggaran dalam berlalu lintas. ”Operasi Citra Polantas dilaksanakan dari 13 April ini sampai 3 Mei nanti untuk lebih mendekatkan dengan masyarakat. Sifatnya bukan razia namun sistem hunting,” tegas Aidil.

Aidil mengatakan selama ini razia di jalan kendaraan telah ditiadakan karena dinilai tidak efektif dalam menekan angka kecelakaan. Selain tidak bisa menekan angka kecelakaan, razia di jalan raya juga dinilai tidak efektif dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Menurutnya, penghentian razia itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Polda Jawa Tengah yang menyimpulkan bahwa razia lalu lintas di jalan raya tidak menekan kasus kecelakaan lalu lintas. Razia dinilai tidak efektif membuat masyarakat sadar berlalu lintas.

Meski menghentikan razia di jalanan, pihaknya tetap menindak pelanggaran lalu lintas. Namun penindakan itu tidak dilakukan melalui razia tapi hanya dilakukan jika mengetahui adanya pelanggaran lalu lintas. “Misalnya jika ada pengendara motor tak pakai helm maka akan tetap ditilang atau melanggar rambu lalu lintas.  Sifatnya dengan hunting,” imbuhnya.

Selain itu, Aidil menambahkan polisi lalu lintas juga akan tetap memeriksa surat-surat kendaraan bermotor jika menerima laporan adanya pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya