SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Kapolres Boyolali AKBP Romin Thaib mengatakan pihaknya akan melakukan pengamanan 31 gereja yang ada di Boyolali, demi pelaksanaan perayaan Natal.

Nantinya akan ditempatkan minimal dua personel polisi di tiap gereja untuk pengamanan. Sementara, Kamis (23/12) hari ini diadakan gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2010 di Mapolres Boyolali.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Seluruh wilayah akan kami pantau selama Natal, karena pada prinsipnya seluruh wilayah itu rwan. Kami telah memerintahkan Kapolsek untuk melakukan pemantauan dan kegiatan pengamanan di wilayah masing-masing,” ujarnya kepada wartawan di Pemkab, Rabu (22/12).

Kapolres menambahkan khusus untuk pengamanan gereja di Jalan Merbabu, pihaknya akan melibatkan beberapa personel dengan standar pengamanan khusus. Pihaknya, akan menggunakan metal detector untuk mencegah kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hanya saja, pemeriksaan akan dilaksanakan tidak secara berlebihan, seperti penggeledahan tersangka. Namun, akan dilakukan secara baik sesuai prosedur keamanan.

fid



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

PPP Berupaya Lolos ke Senayan, Perolehan Partai Garuda Diklaim

PPP Berupaya Lolos ke Senayan, Perolehan Partai Garuda Diklaim
author
share
SOLOPOS.COM - Antara/Febrianto/Adiwinata Solihin Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno berdialog dengan warga di Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (2/2/2024) dalam kampanye Pemilu 2024. Hasil Pemilu 2024 menunjukkan PPP untuk kali pertama gagal menempatkan wakil di DPR.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengeklaim puluhan ribu perolehan suaranya di sejumlah daerah pemilihan (dapil) dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024 telah berpindah ke Partai Garuda.

Hal itu terungkap dalam sejumlah perkara yang disidangkan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil atau permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2024 pada pekan ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dilansir Bisnis.com, partai berlogo Ka’bah ini menggugat hasil Pileg 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah daerah, seperti Jawa Barat, Banten dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

PPP menegaskan bahwa perolehan suaranya lebih kecil dari yang seharusnya. Menariknya, seluruh perolehan suara yang diklaim milik PPP itu berpindah ke satu partai yang sama yakni Partai Garuda.

Koran Solopos

Perpindahan suara itu, klaim PPP, merugikan pihaknya sehingga secara total ditetapkan KPU hanya mendapatkan dukungan dari 5.878.777 pemilih dari 84 dapil yang tersebar di 38 provinsi.

Dengan jumlah total 151.796.630 suara sah dalam Pileg 2024, PPP hanya mampu mengantongi 3,86% dukungan.

Dengan kata lain, perolehan suara PPP tidak mampu melampaui angka ambang batas parlemen atau parliamentary threshold yang ditetapkan sebesar 4%.

Artinya, partai ini tak dapat mengirimkan wakilnya ke DPR RI kendati sederet kadernya meraih suara yang signifikan di sejumlah dapil.

Dalam sidang PHPU di MK pada 29 April–3 Mei 2024 yang beragendakan pemeriksaan pendahuluan, PPP mengeklaim puluhan ribu perolehan suaranya berpindah ke Partai Garuda.

Pada persidangan perdana PHPU Pileg 2024, Senin (29/4/2024), misalnya, PPP mengeklaim belasan ribu suaranya di dapil Banten berpindah ke Partai Garuda.

Emagazine Solopos

“Praktik pemindahan suara pemohon untuk pemilu anggota DPR RI pada daerah pemilihan Banten I, Banten II, dan Banten III provinsi Banten secara tidak sah kepada Partai Garuda,” kata penasihat hukum PPP, Dharma Rozali Akbar saat membacakan pokok permohonan dalam sidang sengketa Pileg Panel 1 di Gedung MK, Jakarta Pusat.

Menurut Dharma, terdapat perbedaan perhitungan antara versi pihaknya dengan versi KPU selaku termohon. Menurutnya, telah terjadi pemindahan suara PPP kepada Partai Garuda sebanyak 5.000 suara di dapil Banten I, sebanyak 5.450 pada Dapil Banten II, dan sebanyak 8.950 pada Dapil Banten III.

“Sehingga perolehan Partai Garuda yang semula masing-masing 131 suara pada Dapil Banten I bertambah secara tidak sah menjadi 5.131 suara, sebesar 104 suara pada Dapil Banten III bertambah secara tidak sah menjadi 5.554, dan sebesar 103 suara pada Dapil Banten III bertambah secara tidak sah menjadi 8.253 suara,” lanjutnya.

Menurutnya, hal tersebut berpengaruh besar terhadap perolehan suara secara nasional yang gagal membuat PPP memenuhi ambang batas parlemen.

Itu sebabnya, dalam petitum permohonan, PPP meminta MK membatalkan hasil rekapitulasi KPU dan menyesuaikan angka perolehan suara sebagaimana didalilkan.

Klaim Suara Partai Garuda

Sehari setelahnya, PPP kembali menyebut bahwa puluhan ribu suaranya di dapil Jabar berpindah ke Partai Garuda.

Interaktif Solopos

“Pengisian anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI tahun 2024 pada daerah pemilihan Jawa Barat II, Jawa Barat V, Jawa Barat VII, Jawa Barat IX, Jawa Barat XI Provinsi Jawa Barat secara tidak sah kepada Partai Garuda, konversi parliamentary threshold 4%,” kata Dharma Rozali Azhar saat membacakan pokok permohonan, Selasa (30/4/2024).

Dharma memerinci, telah terjadi selisih perhitungan 6.901 suara di dapil Jabar II, sebanyak 8.150 di dapil Jabar V, sebanyak 8.500 di dapil Jabar VII, sebanyak 5.000 di dapil Jabar IX, serta 8.311 suara di dapil Jabar XI. Total selisih suara yang didalilkan ialah 36.862 suara.

“Bahwa perpindahan suara pemohon secara tidak sah kepada Partai Garuda tersebut terus berlanjut dan terikut hingga rekapitulasi tingkat nasional, sebagaimana dituangkan termohon dalam keputusan No. 360/2024 yang diumumkan pada Rabu, 20 Maret 2024 pukul 22.19 WIB,” lanjutnya.

Pihaknya pun meminta MK membatalkan hasil rekapitulasi KPU dan menyesuaikan angka perolehan suara sebagaimana didalilkan.

Kemarin, Kamis (2/5/2024), PPP kembali mengeklaim belasan ribu perolehan suaranya di dapil NTT I dan II berpindah ke Partai Garuda.

Di hadapan Majelis Sidang Panel 2 yang dipimpin Wakil Ketua MK Saldi Isra bersama dengan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur dan Hakim Konstitusi Arsul Sani, kuasa hukum PPP selaku pemohon, Andra Bani Sagalane, menyebutkan klaim tersebut.

Menurut KPU selaku termohon, PPP mendapatkan 18.497 suara di dapil NTT I. Padahal, dan menurut pemohon, PP seharusnya mendapatkan 25.697 suara.



Di sisi lain, KPU menetapkan Partai Garuda meraih 7.524 suara di dapil tersebut, sedangkan menurut pemohon hanya 324 suara.

“Sehingga antara keduanya terdapat selisih 7.200 suara,” demikian klaim PPP, seperti dilansir laman resmi MK.

Klaim serupa diajukan PPP di dapil NTT II. Menurut KPU, PPP hanya mendapatkan 36.169 suara, sedangkan menurut Pemohon seharusnya mendapatkan 47.620 suara.

Bagi PPP, Partai Garuda seharusnya hanya mendapatkan 126 suara di dapil itu atau jauh lebih kecil dari ketetapan KPU yakni memperoleh 11.577 suara sehingga terdapat selisih 11.451 suara.

Perpindahan perolehan suara tersebut, jelas Andra, terjadi akibat kesalahan penghitungan oleh KPU selaku termohon.

“Berdasarkan uraian tersebut, pemohon memohon kepada Mahkamah untuk menjatuhkan  putusan dengan menetapkan hasil perolehan suara pemohon dan Partai Garuda yang benar adalah untuk Dapil NTT I maka  PPP memperoleh adalah 25.697 suara, sedangkan Partai Garuda memperoleh 324 suara. Untuk Dapil NTT II, PPP mendapatkan 47.620 suara dan Partai Garuda mendapatkan 126 suara,” ucap Andra kepada Majelis Sidang.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Upaya PPP Melaju ke Senayan dengan Klaim Perolehan Suara Partai Garuda”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tak Kunjung Surut, 5 Bulan Banjir Rendam Kampung di Cipayung Depok

Tak Kunjung Surut, 5 Bulan Banjir Rendam Kampung di Cipayung Depok
author
Newswire , 
Burhan Aris Nugraha Jumat, 3 Mei 2024 - 11:35 WIB
share
SOLOPOS.COM - Foto udara banjir di Kampung Bulak Barat, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Solopos.com, DEPOK — Banjir merendam Kampung Bulak Barat, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat tak kunjung surut.

Lima bulan sudah banjir melanda wilayah Bulak Barat, Cipayung, Depok sehingga menyebabkan jalan yang menghubungkan Kampung Bulak Barat Cipayung dan Pasir Putih Sawangan terputus hingga kini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kondisi itu mengganggu aktivitas warga akibat genangan air yang mencapai 1 meter.

Koran Solopos

Suasana Kampung Bulak Barat, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat yang masih terendam banjir, Kamis (2/5/2024). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

 

Lima bulan sudah banjir melanda wilayah Bulak Barat, Cipayung, Depok sehingga menyebabkan akses warga terputus hingga kini. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Dear Orang Tua, Jangan Banyak Kritisi Anak Saat Eksplorasi Seni

Dear Orang Tua, Jangan Banyak Kritisi Anak Saat Eksplorasi Seni
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Jumat, 3 Mei 2024 - 11:32 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Sejumlah anak usia TK hingga SD mengikuti lomba mewarnai dan menggambar di Pendapa Ageng ISI Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, BANDUNG – Orang tua hendaknya jangan banyak mengritisi anak yang sedang mulai mengeksplorasi kemampuannya di bidang seni agar tidak menghalangi kreativitasnya. Hal tersebut diungkapkan psikolog klinis anak, Reti Oktania.

“Kalau orang tua mendampingi anak berkreasi itu perlu untuk kita notice, tapi tidak mengkritisi jadi kalau dilihat anak mulai berkarya, support saja,” kata Reti saat ditemui media di acara penghargaan Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17 di Taman Lalu Lintas, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan sering kali orang tua memiliki ekspektasinya sendiri bahwa kemampuan anak harus bagus dan tidak jarang mengkritik karya anak.

Untuk anak di bawah 14 tahun, Reti mengatakan orang tua perlu memberikan kesempatan kepada anaknya untuk eksplorasi di berbagai bidang baik seni maupun bidang lainnya.

Koran Solopos

Anak bisa mencari inspirasi dari mana saja mulai dari yang terjadi di sekelilingnya hingga media digital sebagai media referensi mereka.

Seni juga bisa menjadi terapi untuk anak yang tidak percaya diri mengekspresikan perasaannya melalui kata-kata sehingga saat dewasa bisa menghindari anak dari gangguan kesehatan mental.

“Seni memang punya unsur terapi, jadi ada perasaan emosi yang tidak bisa kita ungkapkan bisa kita salurkan lewat karya, dengan seni atau tulisan, dengan berkarya setidaknya membuat kita lebih tenang dan menyalurkan perasaan yang memang tidak bisa disampaikan dengan kata-kata,” katanya.

Emagazine Solopos

Reti menyarankan orang tua menurunkan ekspektasi bahwa karya anak harus bagus saat mencoba mengikuti kompetisi bidang seni dan tidak menuntut anak untuk juara.

Dengan membiarkan anak menyalurkan kreativitasnya sesuai usia orang tua dapat menemukan bakat anak dan membangkitkan semangat anak untuk mencoba berkompetisi.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories