SOLOPOS.COM - Pembukaan Pospenas IX 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/11/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tema kegiatan Pekan Olahraga dan Seni antar-Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX 2022 Solo, yaitu Gerak Santri Bangkit Negeri mendapat apresiasi dari Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Hal itu sejalan dengan upaya Indonesia yang sedang bangkit pasca Pandemi Covid-19. Apresiasi itu disampaikan Yaqut Cholil saat membuka Pospenas IX 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/11/2022) malam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Acara pembukaan dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Sekda Jawa Tengah (Jateng), Sumarno. “Saya apresiasi tema yang kontekstual. Sejalan dengan upaya negara bangkit pascapandemi,” ungkap dia.

Dalam sambutannya, Yaqut mengajak santri berdiri dan bergerak di garda terdepan untuk memberikan kontribusi nyata kebangkitan bangsa. Sikap itu seperti dilakukan kiai dan ulama dalam perjuangan kemerdekaan.

Semangat itu menurut dia juga mengalir di diri para santri di generasi sekarang ini. Tidak lupa laki-laki yang akrab disapa Gus Yaqut itu berharap Pospenas IX 2022 Solo mampu melahirkan atlet-atlet dan juara di tingkat nasional.

Baca Juga: Wah, Gibran Ternyata Ajak Jan Ethes Hadiri Pembukaan Pospenas di Manahan Solo

Yang juga tidak kalah penting menurut dia bagaimana para santri bisa saling berlomba dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas. “Silakan berlomba, tapi junjung selalu nilai sportivitas dan kejujuran,” imbuh dia.

Yaqut mengingatkan kejujuran dan sportivitas merupakan nilai luhur dan menjadi bagian karakter yang diajarkan para kiai. Nilai-nilai yang telah diajarkan di pondok pesantren tidak hanya didengar, tapi harus bisa diterapkan.

Yaqut meminta para wasit pertandingan untuk tidak mengajari santri berbuat curang atau tak sportif. “Mari kita praktikkan nilai-nilai luhur yang telah diajarkan para guru kita, para kiai, ulama di pesantren,” sambung dia.

Baca Juga: Dihadiri 20.000 Santri, Ini Momen Kemeriahan Pembukaan Pospenas IX di Solo

 Menteri Agama Yaqut Cholil saat membuka Pospenas IX 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/11/2022) malam.(Istimewa)

Menteri Agama Yaqut Cholil saat membuka Pospenas IX 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/11/2022) malam.(Istimewa)

Pesan senada disampaikan Sekda Jateng, Sumarno, kepada para atlet yang bertanding di Pospenas XI 2022 Solo. Menurut dia kendati saling bertanding atau berlomba, para santri harus bisa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tak lupa dia mengapresiasi pemilihan Solo sebagai lokasi atau tuan rumah penyelenggaraan Pospenas XI 2022.

“Selamat bertanding. Tujuan utama menjalin silaturahmi dan siar Islam dalam bingkai NKRI,” terang dia.

Sementara Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdani, mengajak peserta Pospenas IX 2022 untuk mendoakan para korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Pembukaan Pospenas IX di Solo, Menag Ajak Peserta Doakan Korban Gempa Cianjur

Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan korban. Terkait situasi dan kondisi yang masih pandemi Covid-19, menurut dia pelaksanaan Pospenas tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti dengan vaksinasi Covid-19 dan swab test bagi pelatih dan atlet yang bertanding.

Pembukaan Pospenas IX 2022 Solo berlangsung gegap gempita dihadiri 20.000 santri. Ada juga 4.000 an atlet dan pelatih seperti dari Aceh, Bengkulu, Jogja, DKI, Banten, Jateng, Sulawesi, Kalimantan, NTT, NTB, serta Papua.

“Kegiatan ini serangkaian peringatan Hari Santri. Selain sebagai ajang silaturahmi juga meningkatkan kesehatan jasmani. Diharapkan lahir duta atlet santri yang akan berkiprah di ajang olahraga nasional dan internasional,” ujarnya.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pospenas IX 2022 seperti sepak bola, atletik, pencak silat, senam, dan tenis meja. Ada juga lomba cabang seni yaitu pidato bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.
Lomba-lomba lainnya yaitu hadrah, kaligrafi, dan standup comedy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya