SOLOPOS.COM - Sekretaris DPC PDIP Solo sekaligus Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa belum berbicara soal Pilkada Solo 2024. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kota Solo telah selesai pada Minggu (3/3/2024). Dari rapat itu diketahui perolehan kursi partai-partai politik (Parpol) dan Caleg yang lolos ke DPRD Solo.

Selain itu, ada potensi tiga poros koalisi partai politik dalam pertarungan Pilkada Solo 2024. Syarat gabungan partai politik mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo harus punya sembilan kursi di DPRD Kota Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menanggapi hal itu, Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, menjelaskan potensi polarisasi Pilkada Solo atau Pilwakot hampir sama dengan Pilpres 2024. Kemungkinan ada dua sampai tiga poros koalisi pada Pilwakot Solo 2024.

“Kalau PDIP ada aturan, punya aturan yang jelas sehingga tahapan Pilkada pasti menunggu aturan partai yang diterbitkan apakah perekrutan terbuka atau internal,” jelas dia dihubungi wartawan, Senin (4/3/2024).

“Kami masih menunggu, yang pasti siapapun yang dicalonkan partai melalui tahapan-tahapan penjaringan tingkat anak ranting, ranting, DPC, dan ujungnya rekomendasi dari DPP [Dewan Pimpinan Pusat PDIP]. Selesai rekomendasi nanti jelas siapa yang diajukan,” ungkap dia.

Menurut dia, sesuai pengalaman Pilkada pernah dilakukan penjaringan tertutup maupun terbuka. DPC PDIP Solo masih fokus pada rekapitulasi suara sampai tingkat nasional.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Kota Solo Teguh Prakosa melihat potensi tiga poros bagus dalam Pilkada Solo. “Mau tiga atau empat pasangan calon lebih bagus. Ada 20% atau 25% kursi DPRD, ya syaratnya itu saja. Bisa saja PKS dewe, parpol lainnya dewe, sampai sekarang PDIP belum bicara pilkada,” ungkap dia.

Teguh mengatakan ada pertemuan dengan DPP PDIP dengan cara virtual, Senin siang. DPC PDIP Kota Solo menunggu arahan DPP PDIP.

Teguh menjelaskan tidak masalah jumlah kursi PDIP berkurang di DPRD Kota Solo. Para kader PDIP sudah berjuang mati-matian dalam pesta politik 2024. DPC PDIP Kota Solo melakukan evaluasi menyeluruh pada Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya