SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA negeri dimulai Juni mendatang. PPDB SMA pada 2019 ini untuk wilayah Kabupaten Sragen dibagi menjadi tiga zonasi.

Setiap calon peserta didik baru akan diarahkan oleh sistem dengan pilihan sekolah jarak paling dekat dengan tempat tinggalnya. Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Kabupaten Sragen, Wasiyo, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (3/4/2019), menjelaskan tiga zonasi dalam PPDB SMAN 2019 ini meliputi zonasi barat, tengah, dan timur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Zonasi barat terdiri atas SMAN 1 Gemolong, SMAN 1 Sumberlawang, dan SMAN 1 Plupuh. Kemudian zonasi tengah terdiri atas SMAN 1 Sukodono, SMAN 1 Sragen, SMAN 2 Sragen, dan SMAN 3 Sragen. Lalu zonasi timur terdisi atas SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Sambungmacan, dan SMAN 1 Tangen.

“Di Sragen hanya ada 10 SMAN tersebut yang dibagi menjadi tiga zona. Calon peserta didik dari SMP bisa bebas memilih SMAN di dalam satu zonasi. Misalnya peserta didik asal Mondokan itu bisa memilih SMAN 1 Sumberlawang atau SMAN 1 Sukodono. Tinggal tempat tinggal siswa itu berada di desa mana. Kemungkinan ukurannya nanti basisnya dari jarak balai desa setempat dengan sekolah terdekat,” ujarnya.

Dia mencontohkan calon peserta didik baru dari Jenar boleh memilih tiga SMAN di zonasi timur tetapi sistem nanti yang menentukan. Kalau asalnya Jenar, yang paling dekat di SMAN 1 Tangen. Kalau asalnya Sambungmacan, yang paling dekat SMAN 1 Sambungmacan.

“Kami mulai sosialisasi lewat baliho atau spanduk. Untuk sosialisasi ke SMP-SMP akan dilakukan setelah ujian nasional SMP,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya