SOLOPOS.COM - Kasi Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi saat diwawancari di Embarkasi Solo, Rabu (25/5/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO—Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rama Indriyani, mengatakan hinggi kini terdapat satu jemaah calon haji (Calhaj) yang ditunda keberangkatannya lantaran sakit. 

Calhaj tersebut berasal dari Demak, Jawa Tengah yang tergabung dalam kloter 7, atas nama Rumisih Salidin Kanafi dengan umur 76 tahun. Saat ini, Calhaj lansia tersebut sudah dipulangkan dan dijemput petugas daerah, Kamis (25/5/2023) siang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Hasil observasi dari tim kesehatan dinyatakan demensia akut, sehingga belum dimungkinkan untuk berangkat ke tanah suci,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kantor PPIH Embarkasi Boyolali, Jumat (26/5/2023).

Gentur mengatakan dari tim kesehatan akan berupaya agar bisa diberangkatkan tahun ini melalui kloter selanjutnya. Namun, jika kondisi kesehatan belum memungkin maka akan diberangkatkan tahun depan.

Dia juga melaporkan di Embarkasi Solo hingga Jumat ini, masih ada dua calhaj asal Demak yang dirujuk ke RS Dr Moewardi Solo. Pihaknya mengupayakan agar keduanya bisa berangkat sesuai jadwal.

Dia mengimbau untuk para jamaah menjaga kesehatan. Meski begitu pihaknya akan terus mengupayakan memberi pelayanan kesehatan secara maksimal. Terlebih banyak calhaj lansia.

“Karena tahun ini memang satu jamaah lansianya lebih banyak, untuk Embarkasi Solo ini ada 30% jamaah yang diberangkatkan lansia dan di Arab Saudi saat ini,” kata dia.

Gentur juga menyampaikan saat ini cuaca di Arab Saudi sedang panas, maka para jamaah perlu banyak minum vitamin dan menjaga pola makan.

“Harus dikuatkan dengan minum vitamin, kemudian perlu menjaga stamina, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, terus tetap tawakal kepada Allah, berserah diri kepada Allah,” lanjut dia.

Sampai saat ini dari Embarkasi Solo, per 25 Mei 2023 telah menerima calon jemaah haji sebanyak 10 kloter. Gentur melaporkan kloter 10 sudah masuk ke Embarkasi pukul 06.00 WIB dari Kota Semarang. “Sehingga jumlahnya [yang sudah masuk Embarkasi] menjadi 3.610 orang,” kata dia.

Adapun embarkasi Solo telah memberangkatkan jemaah calhaj menuju Tanah Suci sebanyak delapan kloter. “Terakhir terbang tadi malam, pukul 23.54 WIB. Jadi total yang sudah kita terbangkan sebanyak 2.845 orang,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya