SOLOPOS.COM - Peserta Pemilihan Putra-Putri Solo (PPS) 2013 mengikuti seleksi semifinalis di kompleks Taman Balekambang, Solo, Kamis (22/8/2013). Grand final pemilihan itu rencananya digelar Sabtu (7/9/2013) mendatang di Balaikota Solo. (Agoes Rudianto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Empat tahun absen ditampilkan dalam ajang Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2013, panitia penyelenggara PPS 2013 kembali mengangkat wayang dalam ajang pemilihan duta wisata Kota Solo ini. Tak hanya dituntut mampu tampil sebagai duta wisata Kota Solo, finalis PPS 2013 bakal ditantang piawai bermain wayang orang.

Sebanyak 30 semifinalis PPS 2013 yang telah lolos serangkaian tes bakal ditantang naik pentas wayang orang yang digelar di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari, Sabtu (31/8) malam. Ajang pembuktian semifinalis PPS 2013 ini menjadi salah kriteria penilaian juri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Pelaksana Pemilihan PPS 2013, Ali Akbar Ramadhani, mengutarakan PPS 2013 harus bisa melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional di Kota Solo. “Wayang kami pilih sebagai tema karena menjadi bagian kesenian tradisional yang berkembang di Kota Solo. Kami bekerja sama dengan GWO Sriwedari. PPS tahun ini ditantang bisa main wayang,” terang Ali di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Senin (26/8).

Panitia PPS 2013, Senin (26/8/2013), mengumumkan 30 semifinalis yang lolos seleksi administratif, wawancara dan tes tertulis. Semifinalis yang terpilih ini telah menyisihkan 98 peserta yang mendaftar di Disbudpar dan sekretariat Paguyuban PPS.

Selepas dinyatakan lolos sebagai semifinalis, kandidat putra-putri Solo yang terpilih itu bakal mengikuti serangkaian pembekalan Selasa (27/8/2013) hingga Jumat (6/9/2013). Garda terdepan pariwisata Kota Solo ini bakal dibekali sejumlah materi, antara lain wayang orang, sejarah Kota Solo, potensi pariwisata Kota Solo, bahasa dan budaya Jawa, bahasa Inggris, public speaking dan lain-lain.

“Sebanyak 30 finalis ini hasil seleksi dari 75 orang yang telah lolos seleksi di Taman Balekambang, Kamis (22/8) lalu. Setelah itu mereka ikut pembekalan dan tes penyaringan lanjutan. Hingga nanti Senin (2/9) kami mengumumkan 10 pasang finalis yang masuk grand final PPS 2013,” jelas Ali.

Kepala Bidang (Kabid) Promosi Disbudpar Kota Solo, Budi Santosa, menambahkan pembekalan PPS 2013 ini bertujuan memberi wawasan baru bagi calon duta wisata Kota Solo. Budi berharap PPS 2013 mampu mengangkat potensi pariwisata yang ada di Solo. Selain itu, juga PPS terpilih mampu menjadi duta pariwisata yang mampu bersaing dalam pengembangan kesenian dan pariwisata.

“PPS 2013 yang sudah masuk semifinalis memiliki kapasitas yang kurang lebih sama. Tahun pertama sejak bergabung di PPS, mereka diwajibkan bisa menjadi duta dalam setiap agenda dan tugas kepariwisataan Pemkot Solo. Pelatihan ini sekaligus untuk memberikan bekal kepada para finalis,” pungkas Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya