SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputro (tengah) menyerahkan dana Kurban Rendangmu Rp50 juta kepada PWM Jateng yang diwakili Sekretaris PWM Jateng Dodok Sartono (kiri) di Kantor Lazismu Sragen, Rabu (28/6/2023) petang. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto berkurban sapi lewat program Rendangmu senilai Rp50 juta ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah (Jateng).

Satu ekor sapi dari Prabowo tersebut secara simbolis diserahkan Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto Saputro kepada Sekretaris PWM Jateng Dodok Sartono di Kantor Lazismu Sragen, Rabu (28/6/2023) petang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan menyebar banyak hewan kurban se-Indonesia, salah satunya dalam bentuk Rendangmu, yakni daging kurban yang diolah dan dikemas dengan kaleng oleh perusahaan profesional sehingga nilai kebermanfaatnya bisa jangka panjang. Prabowo mendukung program itu dengan menyerahkan satu ekor sapi senilai Rp50 juta.

Sekretaris PWM Jateng, Dodok Sartono, saat ditemui wartawan mengungkapkan di Jateng menargetkan program Rendangmu bisa tembus sampai Rp6,2 miliar. Hingga Hari H Iduladha, ujar dia, sudah mendekati angka Rp5 miliar. Salah satu pelaksanaan program Rendangmu terbanyak di Sragen yang ditargetkan bisa tembus Rp760 juta.

“Rendangmu ini tahan lama dan bisa menghindari penumpukan daging saat Iduladha. Rendangmu juga untuk ketahanan pangan karena Rendangmu ini bisa bertahan lama. Program Rendangmu ini sudah berjalan lima tahun terakhir. Proses pembuatannya dilakukan Muhammadiyah lewat kerja sama dengan korporasi profesional di bidang pengemasan daging, yakni PT Pronas,” jelas Dodok.

Dia menjelaskan pengemasan daging kurban menjadi rendang kalengan ini juga mendekatkan dengan sumber bahan baku, yakni sapi sehingga harganya relatif murah. Dia mengatakan kebutuhan hewan kurban mendadak pun bisa disediakan karena stoknya banyak, yakni lokasinya di Bali.

“Saya mewakili PWM Jateng berterima kasih kepada Pak Prabowo yang ikut berpartisipasi program Rendangmu lewat Partai Gerindra Jateng. Rendangmu ini merupakan inovasi di Muhammadiyah, yakni menyediakan alternatif pengolahan daging kurban dalam bentuk kemasan. Tahun ini, PWM menargetkan bisa menghimpun Rendangmu Rp6,2 miliar dan hingga kini sudah tembus hampir Rp5 miliar,” ujarnya.

Dia menyatakan kemasan Rendangmu ini sebenarnya bisa bertahan dua tahun tetapi dari Lazismu mengupayakan habis dalam jangka waktu setahun. “Kenapa memilih Rendangmu karena cocok dengan lidah orang Indonesia. Rendangmu ini didistribusikan kepada para korban bencana alam,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengungkapkan Gerindra tertarik dengan program Rendangmu yang diinisiasi PWM Jateng. “Pak Prabowo juga mendukung inovasi yang dimiliki Muhammadiyah itu. Sapi kurban dari Pak Prabowo itu banyak sekali. Sapi kurban itu di Jawa Tengah diberikan kepada 31 lembaga, pondok pesantren, dan organisasi mahasiswa, salah satunya kepada PWM Jateng,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya