SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca berawan. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk masyarakat Jawa Tengah agar waspada dengan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah pegunungan tengah dan Soloraya pada siang/sore hingga awal malam hari, Sabtu (5/2/2022).

Mengutip laman bmkg.go.id, Sabtu, untuk wilayah Soloraya, BMKG memprakirakan cuaca siang ini di Boyolali berawan tebal sedangkan malam berawan. Kemudian wilayah Karanganyar berawan tebal saat siang dan berawan di malam hari, Klaten berawan tebal di siang hari dan berawan saat malam, Sragen hujan sedang saat siang dan berawan saat malam. Sementara itu, Sukoharjo berawan tebal di siang hari dan malamnya berawan, Solo berawan tebal saat siang dan malam berawan, Wonogiri hujan ringan pada siang hari dan saat malam berawan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain itu, dilansir Antara, BMKG juga menginformasikan hujan ringan berpotensi terjadi di sejumlah kota besar di Indonesia. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Denpasar, Bengkulu, Bandung, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Kendari, dan Palembang.

Baca juga: Catat Ya! Ini Nomor Telepon Darurat di Soloraya

Hujan yang disertai kilat dan petir akan terjadi di Kota Yogyakarta, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Padang. Sedangkan Kota Serang dan Kupang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang. Cuaca berawan turut diprediksi oleh BMKG akan terjadi di Kota Gorontalo, Semarang, Samarinda, Tarakan, Mataram, Manado, dan Medan.

Kota Banda Aceh, Jakarta, Jambi, Ambon, Jayapura, dan Mamuju diprakirakan kondisi cuaca cerah berawan. Sementara itu, suhu udara di kota-kota besar di Indonesia diprakirakan berkisar 20 hingga 33 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban berkisar 55 hingga 100 persen.

“Pada Februari I –Februari III 2022 umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria menengah (50 -150 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (>150 mm/dasarian) yaitu pada Februari I meliputi Papua bagian tengah; pada Februari II meliputi Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah bagian timur, Jawa Timur bagian tengah, sebagian NTB, NTT bagian barat, Sulawesi Tenggara bagian utara, Sulawesi Tenggara bagian timur, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian tengah; pada Februari III meliputi Papua bagian tengah,” tulis BMKG.

Baca juga: Warning! BMKG Prediksi Hujan Masih akan Guyur Soloraya Siang Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya