SOLOPOS.COM - Kontingen Pesta Siaga dan ESA dilepas Ketua Kwarcab Karanganyar, Kurniadi Maulato, di Aula Merpati Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR-Bertempat di Aula Merpati Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, kontingen Pesta Siaga dan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi/Eagle Scout Award (ESA) Kwarda Jawa Tengah dilepas oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar, Kurniadi Maulato, Selasa (21/5/2024).

Sejumlah empat barung (satuan/kelompok terkecil jenjang Siaga) yang terdiri atas Kwarran Jaten, Kebakkramat, Tasikmadu, dan Kwaran Mojogedang mewakili Kwarcab Karanganyar di ajang Pesta Siaga Kwarda Jawa Tengah Regional 2 meliputi Karesidenan Surakarta dan Kedu di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, Sabtu (25/5/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kesempatan tersebut, Kurniadi, menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah meraih prestasi terbaik di Pesta Siaga Cabang dan ESA golongan Siaga yang digelar beberapa waktu lalu.

“Terima kasih atas partisipasi dan prestasi yang Ananda tunjukkan sehingga kalian bisa mewakili Kwarcab Karanganyar di tingkat daerah. Semoga dinaungi kebaikan dalam prestasi, mudah-mudahan menjadi generasi yang mampu mengangkat derajat, orang tua, sekolah, daerah dan masyarakat. Tidak usah ragu, tidak usah grogi, harus enjoy seperti saat latihan,” ujar Kurniadi memberi semangat kepada kontingen.

Pelepasan kontingen juga dihadiri jajaran pimpinan dan pengurus Kwarcab Karanganyar, pembina pendamping dari Kwarran, serta orang tua peserta.

Sementara itu pimpinan kontingen (Pinkon) Yusuf Aji Purnomo yang juga pengurus Kwarcab bidang Binamuda (Pembinaan Anggota Muda), menyampaikan bahwa peserta yang terpilih mewakili Kwarcab Karanganyar merupakan peserta tergiat dan berprestasi di ajang Pesta Siaga dan ESA di tingkat cabang yang digelar belum lama ini.

“Untuk menghadapi ajang Pesta Siaga dan ESA tingkat Kwarda ini kami rutin melaksanakan latihan bersama dan mendatangkan pelatih yang berkompeten baik dari pelatih Kwarcab maupun dari luar,” ungkap Yusuf.

Selain pelepasan kontingen Pesta Siaga, pada kesempatan tersebut juga dilepas dua anggota Pramuka Siaga atas nama Joviana Asaf Al Masi dari Kwarran Tawangmangu dan Amabel Nasywah S dari Kwarran Tasikmadu yang akan berlaga di ajang Eagle Scout Award (ESA) tingkat Kwarda Jawa Tengah. Kedua peserta tersebut telah menyandang juara 1 putra dan putri di gelaran ESA tingkat cabang.

“Harapan kami dengan digelarnya lomba tersebut akan berdampak positif dan menjadikan anggota Pramuka yang bernilai, berpengetahuan luas serta bermartabat dan mendapatkan hasil yang terbaik serta membawa nama baik Kwarcab Karanganyar,” ujar Yusuf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya