SOLOPOS.COM - Prasasti kuno di Klaten. (Istimewa/visitklaten.com)

Solopos.com, KLATENDesa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten menyimpan prasasti kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. Prasasti tersebut dapat dijadikan patokan berdirinya Desa Ngrundul yang tergolong desa tua di Kabupaten Bersinar.

Dilansir dari laman visitklaten.com, Selasa (6/12/2022), prasasti kuno yang berusia lebih dari 1.000 ini memiliki bentuk lingga dengan sebagian berbentuk silinder dan bagian lainnya berbentuk balok. Lingkar atas berdiameter 25 cm, bagian bawah berukuran 30 cm x 30 cm dan tinggi 82 cm.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sesuai pembacaan ukiran di perkirakan prasasti ini dibuat pada 25 Februari 847 Masehi. Saat ini, prasasti tersebut tersimpan di rumah Supriyanto, warga Dukuh Kauman, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Prasasti itu pernah di tawar sesenilai Rp1 Miliar sekitar 10 tahun yang lalu. Tapi, Supriyanto menolak tawaran tersebut sebab prasasti tersebut merupakan peninggalan kakeknya. Supriyanto berkomitmen akan merawat prasasti tersebut.

Harry Wahyudi selaku pegiat Klaten Heritage Community (KHC) menerangkan jika prasasti dengan ukiran bahasa Jawa Kuno ini diprediksi dibuat saat Raja Mataram Kuno dijabat oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan. Keistimewaan prasasti ini adalah dikeluarkan tiga hari sesudah Rakai Pikatan menjadi Raja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya