SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo Gembong Hadiwibowo (kedua dari kanan) dan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Duta Wisata Putra Putri Solo 2022 RAy Febri Hapsari Dipokusumo (ketiga dari kanan) memberikan keterangan pers di Balai Kota Solo, Senin (18/7/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah jebolan Duta Wisata Putra Putri Solo (PPS) sukses berkarier di berbagai bidang yang mereka geluti. Tak sedikit dari mereka yang menjadi anggota staf khusus di kementerian.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Duta Wisata PPS 2022 Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipokusumo saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Senin (18/7/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Febri menjelaskan sejumlah jebolan PPS kini sukses menjadi bagian dari staf ahli berbagai kementerian. “Banyak alumni kami menjadi anggota staf kementerian. Bahkan staf khusus Kemenparekraf, staf Mas Sandiaga Uno ada Putra Putri Solo 2010,” katanya.

Selain itu, lanjut Febri, ada Selvi Ananda yang merupakan istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga pemenang ajang Putra Putri Solo 2009. Banyak lagi alumni yang bekerja di Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan lainnya.

Menurut Febri, para peserta PPS mendapatkan pembekalan khusus dari para ahli serta terus berproses mengembangkan keterampilannya hingga sukses. Pembekalan untuk Pemilihan Duta Wisata PPS 2022, antara lain marketing digital untuk pariwisata.

Baca Juga: Paguyuban PPS Sosialisasikan Pendaftaran Putra Putri Solo 2022 di CFD

“Kami bekerja sama dengan Bank Indonesia, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II, dan berbagai stakeholder yang membutuhkan anak muda sebagai figur untuk menyosialisasikan program-program pemerintah,” paparnya.

Tahapan Pemilihan PPS

Febri mengatakan untuk Putra Putri Solo 2022, hingga Senin (18/7/2022), sudah ada 51 peserta yang mendaftar. Mereka merupakan 33 peserta putri dan sisanya merupakan peserta putra.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, menambahkan rangkaian kegiatan PPS 2022, antara lain pendaftaran 1 sampai 20 Juli 2022.

Baca Juga: Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali 2022, Ini Juaranya

Kemudian tes tertulis dan tes public speaking pada 21 Juli 2022, tes seleksi wawancara dan tes minat bakat pada 22 Juli 2022. Selanjutnya, pembekalan pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022.

Grand final atau malam puncak Pemilihan Putra Putri Solo 2022 pada 6 Agustus 2022. Pembekalan meliputi materi kebudayaan Jawa, tata cara busana, multimedia and digital marketing for tourism, Solo creative-prenuer, dan mengunjungi destinasi  wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya