SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo (kanan), memegang penghargaan di bidang HAM dari Kemenkumham, Kamis (8/12/2016), di Surabaya. (Istimewa)

Prestasi Karanganyar mendapatkan penghargaan dari Kemenkumham.

Solopos.com, KARANGANYAR – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menganugerahkan penghargaan di bidang pemenuhan hak asasi manusia (HAM) masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Nilai Kabupaten Karanganyar tertinggi se-Jawa Tengah (Jateng) dibandingkan kabupaten/kota lain. Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, kepada Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Kamis (8/12/2016) siang.

“Alhamdulillah, penghargaan ini bukti komitmen Pemkab di bidang HAM,” ujar Rohadi melalui telepon seluler, Kamis sore.

Politikus PKS tersebut menjelaskan penghargaan yang sama diraih Pemkab Karanganyar tahun lalu. Kala itu nilai Karanganyar di urutan kedua tingkat Jateng. Rohadi mengatakan pengakuan Karanganyar sebagai kabupaten peduli HAM tidak sembarangan.

Ia menyebut penilaian yang dilakukan Kemenkumham mendasarkan sejumlah indikator atau parameter. Di antaranya rendahnya angka kematian ibu dan bayi, efektivitas program yang mendukung hak pengembangan diri, serta pemenuhan hak atas kesejahteraan.

Ada juga indikator pemenuhan hak atas rasa aman, dan pemenuhan hak-hak perempuan. Indikator-indikator itu diukur menggunakan beberapa parameter, seperti tak adanya aksi unjuk rasa berbuntut anrkhistis, dan rendahnya kekerasan terhadap perempuan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mewujudkan Karanganyar sebagai kabupaten peduli HAM. Semoga masyarakat bisa mendapatkan hak hidup yang lebih baik ke depannya. Capaian ini akan terus kami tingkatkan,” sambung Rohadi.

Dia menjelaskan penghargaan yang sama diberikan Menkumham kepada kepala daerah atau perwakilannya, dari kabupaten/kota lain, yang dinilai peduli terhadap HAM masyarakat. Rohadi bertekad terus berkomitmen dalam perlindungan hak-hak asasi manusia.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Eko Setiyono, mengapresiasi capaian Pemkab di bidang pemenuhan HAM masyarakat. Menurut dia parameter penilaian yang digunakan sudah proporsional. Dia meminta prestasi yang didapat bisa dipertahankan terus.

“Kalau dinilai dari berbagai indikator itu sudah bagus ya berarti layak kita apresiasi bersama. Saya minta bisa dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang. Kan nilainya sudah tertinggi se-jateng. Aspek pembangunan manusia juga perlu ditingkatkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya