SOLOPOS.COM - Tim kesehatan RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri memeragakan penanganan orang kena serangan jantung mendadak di keramaian CFS Wonogiri, Minggu (11/6/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Suasana car free day atau CFD di pusat kota Wonogiri, Minggu (11/6/2023) pagi, seketika geger saat seorang seorang pria mendadak jatuh tergeletak di tengah keramaian acara bernama resmi Car Free Sunday itu. Sejumlah pengunjung sontak berteriak meminta pertolongan kepada petugas kesehatan di CFS tersebut.

Beberapa pengunjung sampai berlarian memanggil para petugas kesehatan. Tidak perlu waktu lama, paramedis segera datang dan menangani orang yang jatuh itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Paramedis itu melakukan sejumlah tindakan pertolongan pertama sebelum pria itu digotong ke ranjang pasien dan dibawa ke ambulans untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Peristiwa menegangkan dan menggegerkan pengunjung CFD Wonogiri itu bagian dari simulasi kondisi dan penanganan orang yang kena serangan jantung di keramaian.

Kegiatan itu digelar tim kesehatan RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Mereka tengah menyosialisasikan penanganan terhadap orang yang terserang penyakit jantung mendadak. Selain itu juga memberikan informasi soal pencegahan, penyebab, dan pengobatan penyakit jantung. 

Direktur RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan peragaan orang terkena serangan jantung sekaligus penanganannya merupakan cara tim kesehatan RSUD Wonogiri untuk menyosialisasikan bahaya penyakit jantung. Sebab penyakit jantung ini menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. 

Pantauan Solopos.com, Minggu pagi itu, tim kesehatan RSUD Wonogiri memberikan sejumlah informasi kepada pengunjung CFD Wonogiri beberapa hal tentang penyakit jantung, mulai dari penyebab, penangangan, hingga pencegahan.

Sejumlah pengunjung juga diajak untuk langsung memeragakan penanganan pertolongan pertama ketika mendapati orang yang terkena serangan jantung.

“Selain memberikan edukasi soal penyakit jantung kepada pengunjung CFS, kegiatan ini juga sebagai upaya memberikan informasi kepada publik bahwa dalam waktu dekat ini RSUD Wonogiri akan ada layanan poli-jantung kembali,” kata Adhi saat ditemui Solopos.com dalam CFS Wonogiri, Minggu.

Pada kesempatan itu pula, kata Adhi, RSUD Wonogiri juga memberikan layanan pemeriksaan jantung gratis kepada pengunjung CFS. Layanan itu pun langsung ditangani oleh dokter spesialis jantung yang dimiliki RSUD tersebut.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Puluhan orang, baik pria maupun wanita dewasa dan lansia memanfaatkan kesempatan itu untuk memeriksakan jantung mereka. Kegiatan layanan kesehatan gratis digelar setiap pelaksanaan CFS Wonogiri.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Wonogiri, Setyawati, mengatakan layanan kesehatan gratis di CFS diselenggarakan oleh beberapa rumah sakit pemerintah atau swasta. 

“Setiap pekan, layanan kesehatan gratis itu dilaksanakan rumah sakit-rumah sakit secara bergantian. Misalnya pada CFS pekan ini, layanan pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan RSUD Wonogiri, pekan depan rumah sakit lain yang menyelenggarakan,” ujar Wati. 

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis saat CFD itu digelar di Pendapa Kecamatan Wonogiri. Wati menyebut program ini juga bisa menjadi ajang mengenalkan layanan spesialisasi atau unggulan rumah sakit-rumah sakit di Wonogiri kepada publik.

Selain memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit, biasanya Dinas Kesehatan melalui puskesmas juga menyediakan layanan vaksin dan pemeriksaan gula darah atau kolesterol gratis.

Ketua Paguyuban Pedagang CFS Wonogiri, Aswin Asmoro Adi, menyampaikan program layanan kesehatan gratis di CFS sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Paguyuban pedagang sangat mengapresiasi program tersebut.

“Kami senang dan berterima kasih, karena CFS dipercaya sebagai tempat untuk menyosialisasikan materi kesehatan yang perlu diketahui masyarakat,” kata dia.

Salah satu pengunjung CFD Wonogiri, Ismail, 58, mengaku cukup senang dan terbantu dengan adanya layanan pemeriksaan kesehatan gratis dari rumah sakit di CFS. Ismail sudah beberapa kali memanfaatkan layanan tersebut saat datang ke CFS. Minggu pagi itu, dia memanfaatkan layanan pemeriksaan jantung.

“Tadi diperiksa jantungnya, alhamdulillah kata dokternya masih sehat. Biasanya saya kalau ke sini cek kolesterol. Kalau cek kesehatan jantung baru kali,” kata Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya