SOLOPOS.COM - PERAKITAN -- Sejumlah siswa SMKN 5 Solo merakit bagian mesin mobil Esemka di Solo Techno Park beberapa waktu lalu. 12 SMK di Indonesia sepakat bekerja sama menjadi penggarap mobil SMK untuk produksi massal. (JIBI/SOLOPOS/dok)

PERAKITAN -- Sejumlah siswa SMKN 5 Solo merakit bagian mesin mobil Esemka di Solo Techno Park beberapa waktu lalu. 12 SMK di Indonesia sepakat bekerja sama menjadi penggarap mobil SMK untuk produksi massal. (JIBI/SOLOPOS/dok)

KLATEN — Maraknya minat terhadap produk mobil Kiat Esemka disikapi dengan sigap. 12 SMK yang mengadakan pertemuan di bengkel Kiat Motor, Jl Jogja-Solo, Dukuh Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten, akhir pekan lalu menyatakan siap memproduksi Kiat Esemka secara massal.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas reaksi besar atas mobil hasil karya anak negeri tersebut serta membahas banyaknya pesanan yang diterima. Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari SMK Negeri 1 Trucuk, SMK Negeri 2 Solo, SMK Negeri 5 Solo, SMK Warga Solo, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK Negeri 2 Wonogiri, SMK Negeri 1 Semarang, SMK Tunas Harapan Pati, SMK Negeri 1 Madiun, SMK Negeri 1 Kediri, SMK Jenangan Ponorogo dan SMK Negeri 1 Tengaran Salatiga.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan Nasional, Joko Sutrisno. Kepala SMK Negeri 1 Trucuk, Wardani Sugiyanto, menuturkan dalam proses pembuatan untuk cetak mobil sudah banyak pihak yang mengajukan tawaran. Nilai tawaran tersebut mencapai Rp94 miliar.

Meski demikian, Wardani belum bisa menyebutkan pihak mana saja yang menyatakan minatnya. ”Ini sudah aset nasional. Dalam hal ini, kami melakukan pembagian tugas dalam proses perakitan mobil karena banyaknya pesanan. Kami tidak mungkin melakukan sendiri-sendiri dan membutuhkan bantuan serta dukungan dari banyak pihak,” paparnya.

Sementara itu, Joko Sutrisno, mengatakan produksi massal baru bisa dilakukan setelah keluarnya izin yang saat ini sedang diproses oleh Pemkot Solo. Produksi massal diperkirakan akan mulai dilakukan sebulan mendatang. ”Permasalahan ini sudah sampai ke RI 1 (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-red). Jadi hampir dipastikan mobil Kiat Esemka sudah bisa diproduksi massal,” ungkapnya.

Ditambahkan Joko, pertemuan tersebut dilakukan untuk persiapan produksi massal. “Kami sudah siap berproduksi. Akan dibagi siapa yang membuat apa, dan di mana. Nantinya akan dikumpulkan di assembly line untuk dirakit menjadi kendaraan,” tandasnya. Lebih lanjut Joko mengatakan Kementerian Keuangan sudah memberikan dukungan berupa kemudahan fiskal.

JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik P

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya