SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

SOLO--Produksi sampah Kota Solo selama perayaan pergantian tahun dari tahun 2011 ke 2012 melonjak drastis. Bila pada hari biasa produksi sampah di kisaran 210 ton-240 ton/hari, pada Sabtu (31/12) atau sehari menjelang tahun baru dan Minggu (1/1/2012) atau hari pertama tahun 2012, produksi sampah menembus angka 300 ton/hari.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasar data yang dihimpun Solopos.com di Kantor TPA Putri Cempo, Minggu siang, produksi sampah pada Sabtu tercatat 399.735 kilogram atau 399, 7 ton. Peningkatan signifikan berasal dari sampah yang diangkut 23 armada sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), dari tempat-tempat pembuangan sementara sampah (TPSS) di Kota Bengawan.

Selain sampah yang diangkut 23 armada DKP, ada juga sampah yang berasal dari pasar tradisional, lingkungan taman dan masyarakat umum. Peningkatan volume sampah sendiri sudah terasa sejak Jumat (30/12/2011) lalu, mencapai 269.420 kilogram atau 269,4 ton. Namun hingga Minggu siang, baru sebagian sampah yang diangkut ke TPA Putri Cempo. Alasannya belum semua personel dan armada pengangkut sampah beroperasi penuh.

Diperkirakan sampah selama perayaan tahun baru baru bisa diangkut seluruhnya ke TPA Putri Cempo pada Senin (2/1) ini hingga Selasa (3/1) besok.

Kepala Pengelola TPA Putri Cempo, Pramujo mengakui peningkatan volume sampah cukup tinggi selama perayaan pergantian tahun. Selain volume sampah memang bertambah, namun menurut dia dipengaruhi juga dengan musim penghujan. Selama musim penghujan volume sampah pasti naik di kisaran 15 persen disebabkan kandungan air pada sampah.

“Untuk data pastinya hari ini belum ada. Tapi biasanya bila pada hari biasa volume sampah 240 ton, pada hari Minggu atau hari libur naik lima ton. Baru pada hari senin-selasa, volume sampah naik hingga di atas 290 ton,” terangnya.

(kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya