SOLOPOS.COM - Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tak hanya dunia hiburan, kini anak muda banyak yang terjun di bidang politik. Salah satunya adalah Ilyas Akbar Almadani.

Ilyas merupakan putra dari Juliyatmono, mantan Bupati Karanganyar dua periode (2013-2018 dan 2018-2023). Sedangkan ibunya, Siti Khomsiyah, saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Karanganyar periode 2019-2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejak 2021, Ilyas dipercaya mengemban jabatan sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar. Bersama istrinya, Putri Rifqi Marindatama, pria kelahiran Karanganyar, 30 Mei 1998, ini dikaruniai satu anak bernama Muhammad Jimbun Almadani yang lahir pada Jumat, 19 Mei 2023, di Rumah Sakit JIH Solo.

Dalam Pemilu 2024, Ilyas maju sebagai caleg DPRD Sukoharjo di Daerah Pemilihan (Dapil) Karanganyar 5 yang meliputi Jaten, Tasikmadu, dan Kebakkramat. Ibu dan istrinya juga maju sebagai caleg di dapil yang sama.

Ilyas berpeluang menjadi anggota DPRD Karanganyar termuda di periode 2024-2029, yakni di usia 25 tahun, setelah dari hasil Plano C1, ia meraup 9.026 suara.

Saat kecil, Ilyas menempa pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Karanganyar dan lulus 2004. Ia lalu melanjutkan ke SMP Negeri 1 Karanganyar dan SMA Negeri 1 Karanganyar.

Jiwa politiknya terbentuk ketika ia berkuliah di Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan saat ini tengah melanjutkan S2 di program studi yang sama di kampus yang sama pula.

Direktur Madani Tunggal Abadi dan Sehati Lawu Maju ini sudah aktif di dalam organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fisipol UGM dan Korps Mahasiswa Ilmu Politik dan Pemerintahan (Komap) Fisipol UGM.

Nama Ilyas sempat diisukan menjadi salah satu kandidat potensial untuk maju Pilkada Karanganyar 2024. Ia bisa saja mengikuti jejak ayahnya sebagai Bupati Karanganyar. Dalam wawancara pada Juli 2023 lalu, ia tak menampik peluang maju di Pilkada Karanganyar. Ia bahkan siap berduet dengan mantan Wabup Karanganyar, Rober Christanto, dari PDIP.

Sebelum menatap pilkada, Ilyas saat ini masih berfokus mengamankan suara partainya di Pemilu 2024. Soal potensi dirinya lolos ke parlemen, Ilyas menilai hal itu buah dari keberhasilan strateginya mewakili generasi milenial atau gen Z.

“Ini pengalaman politik berharga bagi saya. Dan sesuai dugaan yang dikira, bahwa Pemilu ini mayoritas masyarakat sudah mengetahui apa yang diperjuangkan, sehingga itu yang kita serap,” kata Ilyas saat diwawancara pada, Selasa (27/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya