SOLOPOS.COM - Ketum PP Aisyiyah periode 2022-2027, Salmah Orbayinah (kiri), seusai sidang muktamar Aisyiyah di GOR UMS, Sukoharjo, Minggu (20/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SUKOHARJO — Salmah Orbayinah resmi menjadi Ketum baru PP Aisyiyah periode 2022-2027 berdasarkan hasil sidang muktamar Aisyiyah di GOR Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo, Minggu (20/11/2022).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, perempuan yang akrab disapa Bayin itu termasuk wajah baru karena bukan bagian dari 13 anggota PP Aisyiyah periode sebelumnya. Hanya, Bayin menjabat sebagai Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Aisyiyah periode sebelumnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia baru saja lulus pendidikan S3. Berdasarkan buku biodata calon anggota PP Aisyiyah pada Muktamar ke-48 Aisyiyah, perempuan kelahiran Yogyakarta, 29 Februari 1968, itu sehari-hari bekerja sebagai dosen. Dia memiliki segudang pengalaman organisasi sebagai bekal menjadi Ketum baru PP Aisyiyah.

Sejumlah pengalaman Bayin di antaranya menjadi bagian dari Majelis Pendidikan Kader (MPK) PP Muhammadiyah, Ketua MPK PP Aisyiyah, dan seorang kader organisasi otonom Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah.

Selain itu, ibu satu anak tersebut juga memiliki pengalaman organisasi kemasyarakatan, yakni pada bidang penelitian IAI DIY, Perhimpunan Ahli Biokimiawi Indonesia.

Baca Juga: Sah! Salmah Orbayinah Terpilih Jadi Ketua Umum PP Aisyiyah

Sementara itu, menurut laman resmi Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY), Bayin merupakan seorang lektor Prodi Farmasi.

Bayin menempuh S1 Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan lulus pada 1992. Kemudian pendidikan Profesi PSPA UGM lulus 1993, S2 Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran UGM lulus 2021, dan S3 Ilmu Farmasi UGM lulus 2021.

Segudang Prestasi Ketum Baru PP Aisyiyah

Warga Bantul yang baru terpilih sebagai Ketum PP Aisyiyah tersebut menjabat sebagai Manager Perwakilan Lembaga Pemeriksaan Halal dan Kajian Halalan Thayyiban (LPH-KHT) Muhammadiyah pada 2022 dan Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat Aisyiyah 2022.

Baca Juga: Salmah Orbayinah Berkaca-Kaca saat Pidato Pertama sebagai Ketum PP Aisyiyah

Kemudian Bayin juga menjabat Wakil Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat Muhammdiyah 2022, Reviewer pada Journal of Fundamental and Applied Pharmaceutical Science 2021-2022. Juga Sekretaris Prodi Farmasi UMY 2013-2017, Sekretaris Prodi Farmasi UMY 2011-2013, dan Sekretaris Prodi Studi Farmasi UMY 2010-2011.

Segudang pencapaian yang pernah diraih di antaranya Best Presenter 5th International Conference of Medical and Health Science (ICMHS) 2021. Lalu menjadi Pembicara dalam The First Annual Convention of Muhammadiyah of the United State of America Keluarga Sakinah dan Pendidikan Anak Menurut Muhammadiyah 2020.

Bayin juga pernah menjadi pembicara dalam seminar nasional ancaman disfungsi seksualitas pada generasi milenial dengan obesitas 2020, dan pembicara dalam 6th International Pharmacy Summer School dengan judul materi Interprofessional Education.

Baca Juga: 2 Kali Jadi Ketum PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Raih Suara Terbanyak

“Sebenarnya ini sangat berat, saya merasa kepemimpinan periode sebelumnya luar biasa jadi paling tidak saya menjadi pemimpin yang baik tidak akan mundur. Paling tidak mempertahankan atau menjadi lebih baik lagi,” kata Bayin kepada wartawan seusai dipastikan terpilih sebagai Ketum PP Aisyiyah.

Menurut dia, Aisyiyah dihadapkan dengan kondisi banyak perubahan, tantangan digital, dan tantangan yang kompleks lainnya. Aisyiyah harus berbenah diri dengan cepat untuk menjawab tantangan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya