SOLOPOS.COM - REKAM DATA--Bupati Sukoharjo (kiri) mengikuti arahan petugas ketika menjalani rekam data e-KTP di Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, Senin (14/5). (JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

REKAM DATA--Bupati Sukoharjo (kiri) mengikuti arahan petugas ketika menjalani rekam data e-KTP di Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, Senin (14/5). (JIBI/SOLOPOS/Iskandar)

SUKOHARJO--Pemkab Sukoharjo terpaksa meminjam perekam data KTP elektronik (e-KTP) dari Gunung Kidul dan Bantul, guna mencukupi peralatan di beberapa kecamatan. Namun dari tiga yang dipinjam, satu mesin tidak berfungsi baik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasi Teknologi Informasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukoharjo, Toni Supriyadi, mengatakan perekaman data e-KTP membutuhkan tambahan lima alat untuk mengejar target waktu penyelesaian pada Desember. Tapi dari peminjaman, ujar dia, Disdukcapil hanya mendapat tiga alat.

“Ada tiga unit perekam data pinjaman dari Gunung Kidul dan Bantul, tapi hanya dua yang bisa berfungsi normal. Satu alat lain lemot dan akan kami tukar atau dimintakan ganti alat lain,” ungkapnya dijumpai wartawan di ruang kerjanya di Kantor Disdukcapil Kabupaten Sukoharjo, mewakili Kepala Disdukcapil, Hasni, Senin (28/5/2012).

Toni menjelaskan dua alat yang berfungsi baik dialokasikan untuk Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Nguter. Untuk Kartasura, jelas dia, penambahan alat cukup mendesak mengingat jumlah warga wajib e-KTP jauh di atas 50.000 jiwa. Sedangkan di Nguter, satu alat perekam data mengalami kerusakan dan perlu penggantian.

Terpisah Camat Kartasura, Bachtiar Zunan, membenarkan adanya penambahan alat perekam data e-KTP baru untuk kecamatannya. Namun setelah pengiriman mesin tersebut, kata dia, satu alat yang semula normal justru mengalami kerusakan sehingga alat perekam data tetap dua seperti di kecamatan lainnya.

Sementara menurut Toni, terdapat empat kecamatan dengan jumlah warga wajib e-KTP di atas 50.000 jiwa di Sukoharjo. Selain Kartasura, tiga kecamatan lain adalah Grogol, Sukoharjo Kota, dan Mojolaban. Terkait peminjaman alat, menurut dia proses rekam data e-KTP di Bantul dan Gunung Kidul telah selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya