SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

ILUSTRASI (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI- Enam alat input data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di distribusikan keenam kecamatan yang masing-masing masih menggunakan satu unit alat. Enam kecamatan itu Paranggupito, Giritontro, Karangtengah, Batuwarno, Puh Pelem dan Nguntoronadi. Distribusi dilakukan Senin dan Selasa (21-22/5/2012).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Dua unit alat input data e-KTP untuk dinas direncanakan datang pada Jumat (25/5). Rencananya, dua alat tersebut untuk mobiling dan cadangan jika ada alat di kecamatan yang rusak,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri, Hernowo Narmodo, melalui Kabid Kependudukan, Susilo Sedyono, saat dihubungi wartawan, Senin (21/5).

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mendapat satu unit mobil bekas pejabat setda yang bisa digunakan untuk mobiling input data e-KTP ke desa-desa. Tapi, dinas tetap akan mengajukan anggaran untuk pembelian satu unit mobil dalam APBD Perubahan untuk sarana mobiling. Hal itu diupayakan agar pelaksanaan input data e-KTP bisa selesai sesuai target.

Terkait permasalahan di lapangan, ia menyatakan kendala masih dapat teratasi dan proses input data tetap bisa dilakukan dengan lancar. Hingga Sabtu (19/5), dari data di dinas, jumlah total warga Wonogiri yang telah input data e-KTP mencapai 70.345 orang atau 7,16%.

Sedangkan untuk usulan camat dalam hal peminjaman alat input data e-KTP dari wilayah yang memiliki warga sedikit dan cepat selesai, menurut Susilo, hal itu bisa dilakukan atas kebijakan dari dinas. Tapi, alat itu bisa dipinjam setelah input data warga di kecamatan itu benar-benar selesai.

“Jika memang di salah satu kecamatan yang semua warganya sudah selesai input data e-KTP, maka alat bisa dipinjamkan ke kecamatan lain. Yang penting semuanya bisa lancar. Kami tetap optimis bisa memenuhi target yang telah ditentukan yakni akhir tahun 2012,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya