SOLOPOS.COM - Plt. Kabid Perpustakaan Disarpus Karanganyar Titik Pujiastuti (kanan) menyerahkan donasi buku kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 1 Karanganyar Muh. Fadkhan, Kamis (20/7/2023). (Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menutup kegiatan Rolasan bulan ini di SMPN 1 Karanganyar, Kamis (20/7/2023).

Rolasan yaitu Roadshow Literasi Anak Karanganyar. Kegiatan untuk mendongkrak literasi pelajar ini digelar di sejumlah sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA secara bergiliran.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Program Rolasan persembahan dari Disarpus Kabupaten Karanganyar itu menyasar sejumlah sekolah selama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Rolasan di SMPN 1 Karanganyar dibuka dengan penampilan tiga siswi setempat yang membawakan Tari Pustaka Saraswati. Mereka sebelumnya juga dinobatkan sebagai penyaji terbaik Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu siswi, Keisya Safa Al Zaena, juga unjuk gigi dengan penampilan solo vokalnya yang memukau.

Setelah penyerahan donasi buku secara simbolis oleh Plt. Kabid Perpustakaan Disarpus Karanganyar Titik Pujiastuti kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 1 Karanganyar Muh. Fadkhan, para siswa mendapatkan sosialisasi layanan Disarpus Karanganyar serta e-pusda atau perpustakaan daerah elektronik (digital) oleh pustakawan Disarpus Karanganyar, Priyanto.

Pada sesi talkshow personal branding, Strategic Content Manager Solopos Media Group Damar Sri Prakoso menantang sejumlah siswa untuk maju dan mempresentasikan profil mereka masing-masing.

Strategic Content Manager Solopos Media Group Damar Sri Prakoso saat mengisi materi personal branding. (Solopos)

Siswa wajib membranding diri mereka sendiri dengan gaya berjalan dan gaya bicara yang tidak boleh sama satu sama lain.

“Orang kreatif itu tidak meniru. Coba kreasikan sendiri gayamu. Gaya berjalanmu, gaya bicaramu, dan cara kamu mempresentasikan diri kamu di depan orang banyak. Dengan begitu, orang akan mengenal siapa kamu dan apa yang membuatmu beda dibandingkan orang lain,” ujar Damar.

Plt. Kabid Perpustakaan Disarpus Karanganyar Titik Pujiastuti mengatakan kegiatan Rolasan selama Juli menyasar sejumlah sekolah. Sekolah itu meliputi SDN 2 Papahan, Tasikmadu; MI Muhammadiyah Karanganyar; SDN 1 Papahan, Tasikmadu. Kemudian SMAN Kebakkramat, dan terakhir di SMPN 1 Karanganyar.

“Ada beberapa kegiatan yang menyertai Rolasan. Ada Seruling atau serunya perpustakaan keliling. Ada juga Serundeng atau serunya dongeng bareng. Kemudian ada talkshow personal branding juga. Mudah-mudahan siswa-siswa Karanganyar makin gemar membaca dan berani tampil di depan umum,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya