SOLOPOS.COM - Pemandangan dari sisi timur Jembatan Jurug B Solo yang sudah dibongkar, Rabu (2/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Proyek penggantian Jembatan Jurug B di atas Sungai Bengawan Solo saat ini masuk tahap pengerjaan fondasi. Pelaksana proyek telah menyelesaikan pemasangan fondasi sisi timur dan langsung melanjutkan ke sisi barat.

Dalam perkembangannya terdapat sedikit perubahan desain fondasi jembatan untuk menghindari pengikisan dinding Sungai Bengawan Solo. Menurut General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, saat ini pengerjaan di bagian timur Jembatan Jurug B sudah rampung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pekerja segera memulai pengerjaan fondasi di bagian barat yang berbatasan dengan Kota Solo. “Untuk bagian timur sudah selesai, alat-alat akan kami geser ke sisi barat untuk memulai pengerjaan fondasi di sisi itu,” urai Bambang Nurhadi kepada Solopos.com, Selasa (13/12/2022).

Seusai rencana awal untuk membuat fondasi bagian barat Jembatan Jurug B akan dilakukan sedikit pengikisan dinding Sungai Bengawan Solo. Hal itu untuk mempermudah pemasangan fondasi sekaligus memperkuat dinding sungai. Tetapi rencana itu urung dilakukan.

“Kami ubah untuk menghindari hal tersebut [pengikisan dinding sungai atau parapet]. Caranya bentang untuk fondasinya kami kurangi pada pier 2 dan 3. Lalu abutmen 2 kami panjangkan dan approach bridge kami perpendek supaya tidak perlu ada pengikisan,” urai Bambang.

Baca Juga: Pengerjaan Jurug B Solo Lebih Cepat, Kontraktor Beberkan Penyebabnya

Perubahan rencana awal ini tidak lepas dari upaya efektivitas pengerjaan sekaligus mempersingkat waktu. “Menurut perhitungan [perubahan struktur fondasi] tidak begitu berpengaruh dari sisi kekuatan struktur,” jelas Bambang.

Sebagai informasi, Jembatan Jurug B Solo akan menggunakan struktur baru yang lebih kuat yakni Steel Box Grider. Struktur ini diklaim memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan struktur Callender-Hamilton (CH) yang dipakai sebelumnya,.

Selain itu struktur box girder juga memiliki nilai estetika yang lebih baik. Pengerjaan Jembatan Jurug B diklaim bakal selesai lebih cepat dibandingkan rencana awal.

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Jurug B Dikebut, Ditarget Rampung Lebih Cepat dari Jadwal

Pengerjaan penggantian struktur Jembatan Jurug B Solo rencananya dimulai pada Januari 2023 dan selesai total pada Oktober 2023. Lebih cepat dua bulan dibanding rencana semula Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya