SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) di Wonogiri dipastikan berlanjut tahun ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah menetapkan anggaran Rp17 Miliar untuk kelanjutan pembangunan JlS di Wonogiri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Sri Kuncoro, kepada Solopos.com, Sabtu (16/2/2013), mengatakan kepastian kelanjutan pembangunan JLS di Wonogiri itu diterimanya dari pihak Bina Marga Provinsi Jawa Tengah saat melakukan kegiatan di Wonogiri beberapa hari lalu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dipastikan pembangunan JLS tahun ini dianggarkan Rp17 miliar. Itu untuk meneruskan yang kemarin. Nanti yang akan dibangun sepanjang 6 kilometer (km),” ungkap Kuncoro.

Saat ini, proyek pembangunan JLS di Wonogiri telah berjalan sekitar 11 km, sehingga dengan pembangunan 6 km tahun ini, sampai akhir 2013 JLS sudah mencapai 17 km. Perkembangan pembangunan JLS, dinilai Kuncoro, cukup pesat kendati tahun ini dipastikan JLS belum akan tuntas.

Panjang JLS di Wonogiri yang direncanakan mencapai 27 km, sehingga masih dibutuhkan anggaran puluhan miliar rupiah untuk merampungkan seluruhnya. Jalan dengan lebar median jalan 24 meter tersebut akan dibangun di titik terakhir pembangunan yang sudah berjalan.

Seperti diinformasikan sebelumnya, pembangunan terakhir JLS berjalan 2011, sepanjang 4 km di Kecamatan Pracimantoro. Sedangkan pada 2012, Pemprov Jawa Tengah tidak mengalokasikan anggaran untuk kelanjutan JLS sehingga sepanjang tahun itu pembangunan mandek.

Baru pada tahun ini ada kepastian kelanjutan pembangunan. Sesuai perjanjian kerja sama yang diteken sejumlah pihak terkait 2007, JLS direncanakan dibangun sepanjang 27 km melintasi Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Giriwoyo dan Kecamatan Giritontro.

“Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi Wonogiri. Karena dengan ini ada harapan JLS segera selesai dan akses jalan dari Wonogiri dan Jawa Timur menuju Yogyakarta dan sebaliknya akan menjadi lebih mudah. Pertumbuhan ekonomi juga bagus,” imbuh Kuncoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya