SOLOPOS.COM - Pekerja memasang patung kuda di proyek simpang lima Boyolali, Rabu (28/10/2015). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Proyek simpang lima Boyolali, patung arjuna wijaya mulai terpasang di Jl. Pandanaran.

Solopos.com, BOYOLALI--Patung Arjuna Wijaya mulai dipasang di lokasi proyek jalan Simpang Lima Boyolali.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pantauan Solopos.com di lokasi, Rabu (28/10/2015), 13 buah patung kuda, satu patung kereta kencana, patung Arjuna, dan patung Krisna, tiba di lokasi proyek. Patung tersebut dibawa dengan menggunakan tiga kontainer dan satu truk dari pabrik pembuatannya di Jogja.

Puluhan pekerja dikerahkan untuk memasang patung. Patung kuda yang masih terbungkus plastik diangkat perlahan dengan crane untuk diletakkan di atas fondasi yang telah disiapkan.

Pemilik Studio Satiaji Mandiri yang juga pematung, Dunadi, mengatakan pemasangan patung Arjuna Wijaya mulai dikebut karena dalam waktu dekat di lokasi proyek Simpang Lima juga akan dibuat taman sebagai ruang publik.

“Kami upayakan ini [patung-patung] masuk dulu sebelum proyek taman itu jalan,” kata Dunadi, saat ditemui Solopos.com, di lokasi, Rabu.

Dia menargetkan proyek patung Arjuna Wijaya selesai November, meskipun kontraknya sampai 15 Desember 2015. “November mendatang mudah-mudahan sudah bisa kami serahkan ke Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Boyolali.”

Dunadi menjelaskan pengerjaan patung Arjuna Wijaya membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Pemkab Boyolali menggelontor anggaran hingga Rp6 miliar untuk pembuatan patung Arjuna Wijaya tersebut. Proses pembuatan dimulai dari pembuatan gambar, maket, model, hingga proses cetak. “Setelah proses cetak kemudian pengecoran menggunakan fiber. Pengeboran tahap selanjutnya adalah pengecoran tembaga,” kata dia.

Saat pemasangan, patung-patung tersebut masih terbungkus plastik putih. Kontraktor sengaja memasang dalam kondisi patung masih terbungkus agar tidak lecet-lecet saat pemasangan. Patung yang berlokasi di tengah-tengah proyek jalan Simpang Lima nantinya memiliki tinggi berkisar 25 meter dengan panjang 24 meter.  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boyolali, Cipto Budoyo, menargetkan pemasangan patung Arjuna Wijaya bisa selesai dalam kurun waktu satu atau dua hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya