SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja membangun dinding penahan tanah di kawasan Viaduk Gilingan, Jl A Yani, Solo, Jumat (21/7/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pekerjaan pembangunan Viaduk Gilingan, Solo masih terus berlanjut meskipun lalu lintas terbuka. Viaduk Gilingan bakal ditutup total kembali setelah lalu lintas di simpang Joglo dibuka.

Pantauan Solopos.com, Jumat (21/7/2023) sore, sejumlah pekerja melakukan aktivitas pekerjaan di kawasan Viaduk Gilingan, tepatnya di selatan Jl A Yani, Solo. Pekerjaan yang dilakukan adalah pembangunan dinding penahan tanah sisi selatan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Site Manager Penataan Viaduk Gilingan, Niko Herlambang, menjelaskan ada pekerjaan jembatan baru berupa struktur atas yang belum selesai. Pekerjaan tidak di badan jalan, namun di luar badan jalan.

“Kita pakai pengamanan-pengamanan supaya waktu kita kegiatan tidak berdampak ke pengguna jalan. Jadi kita masih menyelesaikan jembatan untuk struktur atasnya di utara sama selatan,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (24/7/2023).

Menurut dia, pembangunan jalur pejalan kaki berupa jembatan penyeberangan orang (JPO)  masih terkendala jalur eksisting. Pembangunan terowongan/JPO masih menunggu jalur eksisting Viaduk Gilingan dibongkar.

“Karena posisi di atas jalur pejalan kaki ini kan ada wesel gitu. Nah, sedangkan wesel itu kan penanganannya tidak sederhana. Dari pihak KAI [Kereta Api Indonesia] pun tidak mengizinkan, takut kalau ada sesuatu dengan dengan wesel  karena wesel itu kan sensitif, toleransinya milimeter,” jelas dia.

Menurut dia, pembangunan JPO bisa dilanjutkan setelah jalur kereta api pindah ke jembatan yang baru dan jembatan lama dibongkar. Pembangunan JPO menunggu pekerjaan di kawasan simpang Joglo.

“Mekanismenya begitu karena kalau Viaduk Gilingan ditutup lagi arus lalu lintas malah makin parah macetnya. Penutupan gantian dengan simpang Joglo,” papar dia.

Niko mengatakan lebar Jl A Yani, Solo di Viaduk Gilingan 5,7 meter. Apabila jembatan lama sudah dibongkar akan menambah lebar lebar Jl A Yani menjadi 9 meter.

Menurut dia, Viaduk Gilingan akan ditutup kembali untuk penyempurnaan setelah simpang Joglo dibuka. Selain jalur eksisting, masih ada gudang Gilingan yang belum dibebaskan sehingga menjadi kendala kontraktor yang membangun jalur ganda pada Elevated Rail Simpang Joglo.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan pembangunan Viaduk Gilingan belum selesai. Viaduk Gilingan dibuka dulu untuk pekerjaan di simpang Joglo. “Sambil jalan, pembangunan Viaduk Gilingan selesai-selesai,” papar dia, Senin (24/7/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya