SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Hari kedua pendaftaran siswa baru (PSB) di Wonogiri berjalan lancar. Sekolah-sekolah favorit masih menjadi tujuan utama para pendaftar, sehingga sebagian pendaftar mulai menarik berkasnya untuk dipindahkan ke sekolah lain.

PSB di Wonogiri akan berlangsung hingga 5 Juli mendatang dan 7 Juli akan diumumkan secara serentak oleh pengelola sekolah negeri baik SMP maupun SMA/SMK. Pengumuman untuk sekolah swasta akan dilakukan sehari kemudian. Tahun ajaran ini juga dibuka satu SMP satu atap di Basuhan, Eromoko dan SMKN 1 Pracimantoro.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pernyataan itu disampaikan Kabid SMP/SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Suwartono serta Kasi Kurikulum SMK Disdik Ponco Hawarno mewakili Kepala Disdik Wonogiri, H Suparno, saat ditemui Espos secara terpisah, Jumat (2/7). “Siswa dan orangtua hingga hari kedua ini masih menyerbu sekolah-sekolah favorit,” ujar Suwartono.

Dijelaskan oleh Suwartono, pengalaman tahun lalu angka partisipasi kasar (APK) lulusan SMP yang melanjutkan hanya 65%. “Tahun ini ada 14.708 siswa SLTP yang lulus. Dari angka itu hanya 65% yang melanjutkan, sehingga kuota atau kursi di jenjang SLTA masih cukup. Apalagi di daerah pinggiran seperti Kismantoro, Pracimantoro ataupun Karangtengah, masyarakatnya memiliki budaya atau kultur enggan melanjutkan dan memilih bekerja setelah lulus SMP.”

Menurutnya, kultur tersebut harus mulai dibenahi. “Salah satu faktornya adalah lingkungan. Artinya, lingkungan yang anak usia sekolah mau bersekolah maka anak usia sekolah akan malu jika tidak bersekolah. Untuk itu, lingkungan masyarakat daerah pinggiran harus mulai diubah, karena mempekerjakan anak itu sudah ada aturannya. Namun di sisi lain, pemerintah juga harus menyiapkan kebutuhan siswa pinggiran tersebut, karena faktor ekonomi orangtua menjadi kendala utama.”

tus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya