SOLOPOS.COM - Cawapres Gibran Rakabuming Raka menyatakan PSI bisa ikut di Pemilu berikutnya imbas dari belum lolosnya PSI di ambang batas parlemen. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka buka suara mengenai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang gagal lolos ke parlemen karena hanya memperoleh 2,806 persen suara.

“Ya gak apa-apa nanti 5 tahun dicoba lagi. Itu yang menanggapi biar Ketumnya [Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep] saja ya,” jelas dia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ditanya apakah Gibran telah berkomunikasi dengan Kaesang yang juga adiknya, Gibran tidak menjawab. Dia mengarahkan wartawan meminta konfirmasi PSI gagal lolos ke parlemen ke Kaesang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jumlah suara sah secara nasional untuk pemilu anggota DPR sebanyak 151.796.631 suara. Sedangkan perolehan suara sah PSI sebanyak 4.260.169 suara dari 84 daerah pemilihan atau 2,806 persen suara, tak sampai 4 persen yang merupakan ambang batas untuk masuk ke parlemen atau parliamentary threshold.

Di sisi lain, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diprediksi terlempar dari DPR karena hanya mendapatkan 5.878.777 suara. Partai ini hanya meraup 3,87 persen.

PPP akan mengajukan gugatan terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional oleh KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Sesuai ketentuan UU, PPP memiliki waktu tiga hari untuk menyikapi hasil rekapitulasi nasional dengan mengajukan ke MK,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, Rabu.

Awiek, panggilan akrabnya, mengaku terkejut lantaran PPP gagal memenuhi ambang batas untuk melaju ke Senayan. Dia menyebut data internal PPP menunjukkan mereka melewati angka 4% atau melampaui ambang batas parlemen.

Oleh karena itu, PPP sudah mempersiapkan tim hukum yang dipimpin pengacara senior Soleh Amin untuk mengajukan gugatan. “Data-data kami kumpulkan dari DPC dan saat ini sedang verifikasi,” jelas dia.

Kendati demikian, dia mengatakan PPP menghormati hasil rekapitulasi nasional yang diumumkan KPU bagian dari tahapan pemilu sesuai ketentuan UU Pemilu , yakni 35 hari setelah pemungutan suara.

Awiek meminta seluruh caleg PPP dan kader PPP untuk tetap semangat ikut mengawal perjuangan di MK. Dia menyampaikan rasa terima kasihnya atas perjuangan dan kontribusi dalam menjaga partai warisan ulama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya